Sukses

Beauty

Insomnia, Ketahui Jenis-Jenisnya

Ladies, banyak di antara Anda mungkin yang mengalami insomnia, atau gangguan kesulitan tidur di malam hari. Hal ini cukup sering terjadi dan memiliki banyak sebab. Gangguan tidur ini bisa sangat mengganggu kesehatan karena otak tidak mendapat waktu cukup untuk istirahat di malam hari.

Namun insomnia yang selama Anda ketahui sebenarnya juga memiliki beberapa tipe lho Ladies. Seperti dikutip dari www.everydayhealth.com yang menyatakan ada 4 tipe atau jenis insomnia yang biasa dikategorikan oleh dokter yang bisa menyerang seseorang, di antaranya yaitu

1. Insomnia primer
Jenis insomnia primer sebenarnya tidak diketahui sebab pastinya, namun orang dengan insomnia primer seringkali menunjukkan perasaan gelisah dan seperti gejala insomnia lainnya, yaitu tidak bisa tidur. Namun untungnya insomnia primer ini masih bisa disembuhkan dan merespon terhadap pengobatan.

2. Insomnia sekunder
Jenis insomnia sekunder berasal dari penyakit lain, baik fisik maupun kejiwaan. Sedang menjalani pengobatan tertentu dan gangguan tidur lain juga bisa menyebabkan insomnia. Untuk jenis ini, bisa sembuh sendiri ketika akar masalah kesehatan disembuhkan lebih dulu.
 
3. Insomnia akut
Insomnia akut biasanya disebabkan oleh sebab internal dan berlangsung sementara, seperti misalnya trauma emosional, perubahan waktu daerah, atau gangguan lain dari rutinitas harian. Anda mungkin bisa mengalami serangan atau gangguan tidur lain yang menyertai insomnia.
 
Jika Anda berencana ke luar negeri dan seringkali mengalami insomnia, dokter dapat membantu dengan merencanakan dan mencegah potensi kekurangan tidur.

4. Insomnia kronis
Insomnia kronis berlangsung antara satu sampai enam bulan. Orang berhubungan dengan insomnia kronis bisa tidur setidaknya tiga kali per minggu, dan kondisi ini bisa tambah parah. Jika sudah parah, dapat menyebabkan masalah produktivitas di siang hari karena Anda akan merasa ngantuk dan tidak bersemangat sepanjang hari.

Jadi, jika Anda termasuk salah satu yang menderita insomnia, kira-kira yang mana yang sedang Anda rasakan Ladies?



(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading