Sukses

Lifestyle

Bagi Dewi Perssik, Sungkem Jadi Momen Wajib Saat Idul Fitri

Ladies, tak terasa hari kemenangan akan tiba. Di hari itu, semua umat Muslim merasakan seperti bayi yang baru lahir tanpa dosa dan noda. Saling maaf-memaafkan merupakan suatu tradisi dalam setiap keluarga, saudara bahkan para tetangga di lingkungan rumah Anda.

Dalam setiap keluarga, tradisi dalam memeriahkan Lebaran bisa berbeda-beda, seperti penyanyi yang memiliki nama lengkap Dewi Muria Agung atau lebih dikenal dengan nama panggung Dewi Perssik. Ia sudah merencanakan untuk merayakan Idul Fitri  bersama keluarga besarnya.

“Insyaallah kalau rencana gak berubah, keluarga besar yang datang ke Jakarta. Tapi misalkan rencananya berubah, saya yang pulang,” cerita Dewi saat ditemui di daerah Pancoran Jakarta Kamis 9 Juli 2014 lalu.

Foto: copyright by Vemale.com
Menurut wanita yang ingin berhijab tersebut, wajib hukumnya mengosongkan waktu untuk Idul Fitri, karena di hari raya semua keluarganya berkumpul bersama-sama untuk saling memaafkan satu sama lain sehingga ia tidak menerima pekerjaan yang datang untuk dirinya.

“Mengosongkan waktu buat lebaran sudah pasti, karena kalau waktunya lebaran harus sujud sungkem sama ibu saya, selebihnya kepada saudara-saudara lainnya. Kalau yang lain-lain sih misalkan mau ambil pekerjaan gak papa misalnya saat Idul Adha, tapi kalau Idul Fitri dikhususkan pertama kali sungkem kepada kedua orang tua baru saudara yang lain,” ungkapnya.

Tak hanya sungkem kepada orangtua, tradisi Lebaran Dewi adalah selalu mempunyai rencana akan memberikan zakat fitrah bersama kakak-kakaknya. Selain itu, ia pun sudah mempersiapkan angpau untuk dibagi-bagikan kepada keponakan dan tetangganya.

“Tradisinya sama seperti yang lain, gak ada perubahan. Kalau misalnya mau Idul Fitri ada opor, siapkan angpau dan kasih buat tetangga-tetangga walaupun cuma Rp 5000,00. Anak kecil biasanya senang dengan uang baru, dan itu sudah kami persiapkan.”

“Insyaallah ada zakat fitrah satu keluarga besar. Jadi kita memang satu rumah semuanya kumpulkan jadi satu zakat di tempat kedua orang tua saya,” tutupnya.

Nah bagaimana dengan Anda? Punya tradisi yang sama dengan Dewi Perssik, Ladies?

(vem/yun/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading