Sukses

Beauty

Sering Kepalkan Tangan Agar Tidak Mudah Lupa

Hasil penelitian di Amerika Serikat menunjukkan mengepalkan tangan dapat memperkuat ingatan seseorang.

Seseorang bisa lebih mudah mengingat suatu daftar jika mengepalkan dan meremas kuat-kuat tangan kanan serta tangan kiri untuk mendapatkan kembali informasi dalam ingatan.

"Hasil ini menunjukkan gerakan tubuh sederhana, yakni dengan mengubah sementara jalannya fungsi otak, dapat memperkuat ingatan seseorang," kata Peneliti Dr. Ruth Proper seperti yang dikutip Daily Mail, Selasa.

Dr. Propper menyarankan untuk melakukan cara tersebut, terutama bagi mereka yang kesulitan menggunakan pena dan kertas ketika berusaha mengingat daftar belanja ataupun nomor telepon.

Dalam penelitian tersebut, partisipan diberi bola karet dan diminta untuk meremasnya sekuat mungkin sebelum mengingat sebanyak 72 kata.Mereka meremas bola lagi dua menit kemudian ketika akan mengumpulkan sebanyak mungkin kata yang bisa diingat.

Satu kelompok menggunakan tangan kanannya pada dua tahap, sementara yang lain menggunakan tangan kiri. Kelompok ketiga mengepalkan tangan kanan sesaat sebelum mengingat kata-kata tersebut dan mengepalkan tangan kiri mereka untuk menyebutkannya. Sementara itu, kelompok keempat melakukan kebalikannya. Kelompok kelima memegang bola tetapi tidak meremasnya.

Hasil menunjukkan mereka yang meremas dengan tangan kanan dan diikuti tangan kiri dapat mengingat sebagian besar kata-kata tersebut. Hasil terbaik kedua, yakni mereka yang mengepalkan tangan kanan pada saat bersamaan, sementara mereka yang tidak meremas sama sekali lebih baik daripada mereka yang mendahului dengan tangan kiri.

Gerakan mengepalkan tangan kanan mengaktifkan daerah otak yang bekerja untuk menyimpan ingatan, sementara meremas tangan kiri memicu area otak sebagai kunci mendapatkan kembali informasi.

Namun, Dr.Propper menyarankan perlu ada penelitian lebih lanjut untuk melihat apakah tipe memori lainnya bisa ditingkatkan dan apakah jika seseorang yang kidal bisa menggunakan cara tersebut. [initial]

BACA JUGA:

Waspada! Nyamuk Lebih Suka Menggigit Wanita

Tips Menyikat Gigi Untuk Pemilik Gigi Sensitif

Kenapa Wanita Harus Makan Wortel? Ini Alasannya

Berjemur Bisa Sembuhkan Sakit Asma?

Jenis Minyak Yang Bahaya Jika Dipakai Memasak

(vem/bee/ant)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading