vemale.com

Home Entertainment Musik Bola Vemale Merdeka Otosia
7 Penyebab Hidung Mimisan
Selasa, 04 Juni 2013 15:12
7 Penyebab Hidung Mimisan
Courtesy ShutterStock.com

Tidak semua orang pernah mengalami yang disebut nasal hemorrhage atau mimisan. Pun demikian ternyata mimisan menjadi sesuatu yang menakutkan dan dianggap sakit yang parah.

Sebenarnya, apa sih mimisan itu?

Mimisan adalah kondisi di mana pembuluh darah yang berkumpul di area hidung mengalami suatu kondisi, baik terluka, alergi, atau beberapa penyebab lain sehingga memaksa darah untuk meluap dan keluar lewat lubang hidung.

Agar lebih jelas, mari kita lihat 7 penyebab umum mimisan yang dialami kebanyakan orang.

Alergi

Beberapa kasus mimisan adalah sebagai reaksi alergi akan sesuatu . Di sini, pembuluh kapiler terbuka dan menyemprotkan sedikit darah dari dalam tubuh dan mengalir lewat hidung.

Perubahan cuaca ekstrim

Mimisan juga bisa dialami oleh mereka yang tak tahan akan perubahan cuaca ekstrim. Umumnya area hidung menjadi sangat kering dan iritasi, sehingga tak lama kemudian terjadilah mimisan.

Saat flu

Saat flu cenderung orang akan bereaksi dengan membuang ingus dari hidung. Terkadang, saat membuang ingus terlalu sering, kondisi di dalam hidung terluka dan memicu terjadinya mimisan.

Untuk itu, disarankan agar saat flu tidak terlalu keras mengeluarkan ingus dari hidung.

Sinus

Mimisan juga dialami oleh penderita sinus di beberapa sikon tertentu. Dan apabila darah yang keluar berwarna gelap serta mengeluarkan aroma tak sedap, ada baiknya segera diberi pertolongan pertama dan dibawa ke dokter. Problem ini mengindikasi adanya infeksi atau tumor.

Tekanan darah naik

Mimisan yang terjadi karena tekanan darah naik umumnya dialami oleh para ibu-ibu hamil. Kondisi ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter sehingga tidak mengganggu kegiatan dan menimbulkan kecemasan.

Selain itu, mimisan yang disebabkan karena tekanan darah naik juga bisa dialami oleh pria/wanita yang tidak hamil. Dan umumnya terjadi pada penderita tekanan darah tinggi.

Kondisi kesehatan tertentu

Ada beberapa kondisi sakit yang reaksinya memunculkan mimisan. Misalnya: penderita leukimia. Dan umumnya sudah ada obat yang dapat mengatasi serta mengendalikan mimisan pada pasien leukimia. Apabila mimisan disertai muntah darah, maka baiknya pasien segera dirujuk ke dokter.

Tidak semua mimisan itu menakutkan dan merupakan indikasi penyakit parah. Untuk mengetahui penyebab pastinya, Anda bisa berkonsultasi dengan tim medis sehingga dapat mengatasi mimisan yang Anda alami. (vem/bee)

BACA JUGA:

Obat Palsu dan Makanan Ilegal Ancam Indonesia

Alasan Penting Untuk Tak Menunda Sarapan

Sering Kepalkan Tangan Agar Tidak Mudah Lupa

7 Cara Alami dan Mudah Mengatasi Migrain

Penyebab Bau Mulut Yang Anda Belum Tahu

IKUTI INFO WANITA TERBARU:
SHARE BERITA INI
  63  
TAGS
KOMENTAR NEWS


ARTIKEL TERKAIT:


© 2014 VEMALE.COM
TopFacebookTweet