vemale.com

Home Entertainment Musik Bola Vemale Merdeka Otosia
Menangani ADHD Pada Anak
Senin, 15 Juli 2013 23:05
Menangani ADHD Pada Anak
(c) shutterstock.com

Apa yang dapat dilakukan untuk menangani ADHD pada anak? Adakah obat-obatan tertentu yang efektif dalam menyembuhkan ADHD pada anak?

Penanganan pada anak yang mengalami ADHD atau attention deficit hyperactivity disorder dimulai dengan memahami kelebihan dan kekurangan anak. Ladies sebagai orang tua harus memiliki cukup informasi tentang ADHD. Saudara kandung penderita ADHD pun juga perlu memahami karakteristik anak ADHD sehingga penanganan ADHD lebih mudah dilakukan.

Seperti yang dikutip dari webmd.com, The American Academy of Pediatrics menyarankan agar anak yang menderita ADHD ditangani melalui terapi dan obat-obatan.

Terapi yang dilakukan untuk menyembuhkan ADHD adalah terapi-terapi yang bersifat problem solving dan keterampilan berkomunikasi. Terapi-terapi semacam ini dipercaya lebih efektif bila dilakukan bersamaan dengan pemberian obat-obatan untuk anak ADHD.

Sementara itu, obat-obatan yang disarankan untuk menyembuhkan ADHD adalah obat-obatan uang bersifat stimulan seperti amphetamine atau methylphenidate. Obat-obatan stimulant ini berguna untuk mengurangi tingkat hiperaktivitas dan meningkatkan level konsentrasi anak.

Selama obat-obatan diberikan sesuai dengan petunjuk yang diberikan dokter, ladies tidak perlu khawatir anak akan mengalami ketergantungan obat.

Namun, terdapat beberapa efek samping dari obat-obatan stimulant yang perlu diwaspadai. Beberapa efek sampingnya adalah gangguan tidur, kehilangan nafsu makan, serta mudah gugup dan nervous.

Efek samping ini bisa diminimalisir dengan mengurangi takaran obat. Setelah beberapa minggu pemberian obat-obatan ini, efek sampingnya akan menurun.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/ova)
Advertisement
SHARE BERITA INI
    0  
TAGS
KOMENTAR NEWS


ARTIKEL TERKAIT:

© 2014 VEMALE.COM
TopFacebookTweet