Sukses

Parenting

Obat-Obatan Untuk Mengontrol ADHD Pada Anak

Kontrol terhadap gejala ADHD atau attention deficit hyperactivity syndrome pada anak banyak dilakukan melalui obat-obatan. Obat-obatan apa saja yang efektif bagi ADHD? Simak penjelasan yang dikutip dari webmd.com berikut ini.

Obat-obatan yang bersifat stimulan adalah jenis obat yang banyak digunakan untuk mengontrol gejala ADHD pada penderita ADHD segala usia, termasuk anak-anak. Kontrol obat-obatan stimulan ini mencapai 70 persen terhadap tingkah laku anak-anak yang mengalami ADHD.

Selain jenis obat stimulan, beberapa jenis obat lain yang juga digunakan untuk mengatasi ADHD adalah

a. Atomoxetine/Strattera (bukan jenis obat stimulan)

b. Obat-obatan antihypertensive, meskipun ini adalah obat-obatan untuk hipertensi, namun berguna pula untuk mengontrol tingkah laku anak-anak ADHD; seperti Catapres dan Tenex

c. Obat-obatan antidepresan bupropian atau tricyclic antidepresan; seperti Wellbutrin

Hal yang perlu digarisbawahi ketika anak meminum obat jenis Strattera dan antidepresan adalah peringatan tentang bunuh diri. Obat-obatan untuk ADHD berkemungkinan besar untuk menimbulkan masalah psikologis dan jantung. Oleh karena itu, orang tua dan orang di sekeliling anak-anak ADHD harus selalu waspada.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah sebelum memberikan obat-obatan ADHD, orang tua harus memberitahu dokter tentang penyakit yang diderita anak seperti kelainan jantung maupun gangguan kesehatan lainnya.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading