vemale.com

Macam-Macam Penyebab Kelahiran Bayi Prematur
Rabu, 31 Juli 2013 00:15
Macam-Macam Penyebab Kelahiran Bayi Prematur
(c) shutterstock

Bayi-bayi yang lahir sebelum usia kandungan mencapai 37 minggu dikategorikan dalam kelahiran premature. Kebanyakan, kelahiran premature terjadi saat usia kandungan mencapai 34 hingga 36 minggu.

Bayi yang lahir premature berpotensi mengalami gangguan kesehatan kelak ketika si bayi sudah besar. Beberapa gangguan kesehatan seperti gangguan sistem syaraf, penyakit paru-paru, dan kecacatan otak sering menghantui bayi-bayi yang lahir secara premature.

Pasti ladies bertanya-tanya tentang penyebab kelahiran premature. Penyebab kelahiran premature bisa bermacam-macam. Seperti yang dikutip dari babycenter.com, beberapa di antaranya adalah;
1. Masalah kesehatan pada si ibu
Kebanyakan ibu hamil yang menderita komplikasi seperti preeclampsia akan memilih untuk melahirkan premature. Kelahiran premature ini ditempuh untuk menekan resiko terjadinya gangguan-gangguan lain yang dapat membahayakan nyawa si ibu maupun si bayi. Pada umumnya, kelahiran premature yang sudah terencana ini terjadi melalui operasi Caesar.

2. Pecahnya ketuban lebih awal
Tidak seperti faktor nomor 1 di atas yang memang sengaja merencanakan kelahiran premature, pecahnya ketuban lebih awal dari waktu yang seharusnya merupakan penyebab kelahiran premature yang terjadi secara spontan.

3. Melahirkan anak kembar
Ibu hamil yang positif akan melahirkan anak kembar 2 atau lebih cenderung akan mengalami persalinan kurang dari 37 minggu. Dengan kata lain, potensi kelahiran premature akan lebih besar terjadi pada anak-anak kembar.

Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/ova)
IKUTI INFO WANITA TERBARU:
SHARE BERITA INI
  0  
TAGS
KOMENTAR NEWS


ARTIKEL TERKAIT:


© 2014 VEMALE.COM
TopFacebookTweet