Sukses

Beauty

Acyclovir, Obat Cacar Air - 1

Terdapat berbagai macam obat di dunia ini, termasuk Indonesia, yang diciptakan untuk mengobati berbagai penyakit. Karena penyebab masing-masing penyakit dapat berbeda-beda, maka dibuat pula berbagai macam obat untuk mengobati. Termasuk penyakit cacar air, terdapat berbagai macam obat juga yang dibuat untuk dijadikan obat cacar air.

Karena cacar air dapat menyerang orang dewasa hingga anak-anak, obat-obat pun menyesuaikan dengan kebutuhan tersebut. Untuk cacar air, terdapat dua jenis obat, yaitu obat minum berupa tablet, kapsul, dan sirup, serta obat oles berupa salep dan bedak.

Sebagai orang yang sedang terkena cacar air atau orang yang pernah mengalami sakit cacar air, kita pasti sudah mengenal dengan nama cantik ini, Acyclovir. Atau ada yang belum tahu bahkan belum pernah mendengar nama itu?

Acyclovir merupakan nama kandungan dalam obat minum dan oles dalam kemasan yang biasa dipakai untuk obat gatal-gatal, termasuk cacar air. Hampir pada setiap resep yang diberikan dokter untuk cacar air, pasti ada nama Acyclovir.

Menurut laman cdc.gov, acyclovir termasuk dalam kategori obat antivirus. Seperti jenisnya, obat antivirus berfungsi membunuh virus dan menahan infeksinya agar tidak meluas. Acyclovir dalam bentuk tablet minum berfungsi membunuh virus dari dalam. Sementara itu, acyclovir salep berfungsi mengurangi rasa gatal akibat ruam cacar air.

Acyclovir akan diberikan oleh dokter pada resep jika penderita cacar air memang membutuhkannya. Jika kondisi cacar airnya tidak begitu parah, dokter tidak akan memperbolehkan penderita menggunakan acyclovir.

Oleh: Anindita Yurizqi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading