Sukses

Parenting

Mondor - Penyakit Pada puting Payudara Menyusui

Bunda, pernahkah mendengar tentang penyakit mondor yang biasa terjadi pada puting payudara menyusui? mungkin terdengar sedikit asing bagi Bunda, tetapi jangan khawatir, pada artikel kali akan dibahas tuntas tentang penyakit tersebut.

Penyakit modor adalah peradangan pada pembuluh darah vena tepat di bawah kulit payudara atau dinding dada seperti yang dilansir oleh laman breastcancercare.org.uk. penyakit ini juga sering dikenal dengan trombolflebitis superfisial.

Karena penyakit ini menyerang pembuluh vena, maka jelas saja mempengaruhi aliran darah pada payudara, terutama akan sangat berbahaya bagi Bunda yang sedang menyusui.

Sebagian besar penyakit mondor terjadi akibat yang tidak jelas atau belum diketahui, tetapi umumnya terjadi karena latihan otot yang berat seperti angkat besi pada wanita, cedera pada payudara, infeksi dan sisa operasi payudara yang tidak sepenuhnya sembuh.

Lalu, apa saja gejalanya?

Penyakit mondor terlihat seperti urat-urat halus sepanjang di bawah kulit, dan sangat sakit jika disentuh. Biasanya hal ini bersifat transparan dan mudah sekali untuk dilihat. Pada kondisi seperti ini, payudara juga akan menjadi lunak dan sangat tidak nyaman (wanita bisa merasakan hal ini).

Bunda tidak membutuhkan pengobatan apapun untuk penyakit tersebut karena biasanya akan menghilang dan membaik dengan sendirinya. Namun, lumayan memakan waktu yang lama untuk mencapai tahap sembuh tersebut, yaitu sekitar 12 minggu atau 3 bulan.

Hal yang terbaik yang bisa Bunda lakukan dalam proses penyembuhan tersebut adalah dengan memakai bra yang nyaman untuk meredakan rasa sakitnya. Sabar ya.


Oleh: Dwi Yonas P.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading