Sukses

Parenting

Merawat Puting Payudara Menyusui (3)

Setelah Bunda telah mengetahui cara perawatan puting payudara menyusui dengan cara pemijatan, saatnya belajar bagaiman cara merawat dengan pengompresan. Dalam hal ini, media yang digunakan juga cukup sederhana kok, cukup kain halus dan air hangat.

Fungsi dari pengompresan ini sendiri adalah memberikan efek rileks pada payudara. Pengompresan ini juga berguna untuk meregangkan otot-otot yang tegang seperti yang dilansir oleh laman bellybelly.com. Air hangat juga berfungsi untuk membuka pori-pori sehingga kotoran pada payudara dan puting Bunda akan mudah terangkat.

Sekarang beralih ke cara penerapannya, cukup mudah kok Bunda.

Ambillah kain waslap halus yang dirasa aman dan tidak melukai payudara ataupun puting Bunda. Kemudia, rendam kain waslap di air hanya selama beberapa saat sampai kain itu sendiri juga terasa hangat.

Setelah itu, kompreslah kedua belah payudara Bunda dengan kain waslap yang telah hangat selama sekitar 2-4 menit. Lakukan hal ini berulang-ulang 2 sampai dengan 3 kali.

Setelah selesai, usapkanlah kain waslap dingin (suhu nomal) pada kedua belah payudara Bunda. Hal ini dimaksudkan untuk mengembalikan suhu normal dari payudara tersebut sendiri. Karena tidak baik jika terlalu panas ataupun terlalu dingin.

Untuk hasil yang maksimal, lakukanlah proses pengompresan ini secara rutin ya. Bunda bisa melakukannya 2X seminggu secara berkala. Tidak sesulit yang Bunda bayangkan bukan?


Oleh: Dwi Yonas P.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading