Sukses

Parenting

Merawat Puting Payudara Menyusui (2)

Tips yang kedua merawat puting payudara menyusui adalah dengan cara pemijatan. Sama mudahnya dengan tips yang pertama, Bunda cukup menyediakan bahan seperti baby oil atau minyak zaitun sebagai pelicin dalam melakukan pemijatan.

Fungsi dari pemijatan ini sendiri adalah untuk melatif flexibilitas dari payudara dan puting Bunda seperti yang dilansir oleh laman childrenhealthnetwork.com. Biasanya sang buah hati suka sekali bukan bermain-main dengan payudara dan puting Bunda.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

• Tuangkan baby oil atau minyak zaitun ke kedua telapak tangan Bunda. Pada telapak kanan dan kiri secara merata ya.

• Lalu letakkanlah kedua tangan Bunda di antara belahan payudara dan mulai memijatlah. Urutannya adalah dari atas, kesamping luar, kebawah,dan lalu menuju puting susu. Jangan sampai terbalik ya karena hal ini terkait dengan peredaran darah Bunda.

• Lakukanlah proses tersebut sebanyak 20-30 kali Bunda.

Sebenarnya ada beberapa cara selain cara diatas, misal dengan menopang payudara sebelah kiri dan kanan dan sisi kelingking sebagai alat untuk mengurut. Hal tersebut bisa dimulai dari pangkal dada sampai dengan puting susu.

Nah, setelah mengetahui beberapa teknik pemijatan, Bunda bisa menerapkannya sendiri di rumah. Bunda juga bisa menggunakan variasi teknik apapun asalkan aman dan sudah terbukti oleh para ahli.

Jika belum percaya diri dan yakin, sebaiknya Bunda meminta bantuan tukang pijit khusus untuk Ibu menyusui atau hamil guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


Oleh: Dwi Yonas P.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading