Sukses

Beauty

Cara Mengatasi Masalah Sembelit

Susah buang air besar? Mungkin lebih tepatnya Anda sedang mengalami yang namanya sembelit. Jangan dianggap remeh loh, karena hal ini bisa memberikan rasa sakit pada anus ketika Anda buang air besar. Yuk, disimak tips berikut dalam artikel cara mengatasi masalah sembelit agar Anda terhindar dari penyakit simpel namun bikin repot ini.

Seperti yang dilansir oleh laman mayoclinic.com, hal pertama yang harus Anda perhatikan terkait penanganan serta pencegahan dari gangguan sembelit adalah dengan mengatur pola makan Anda sendiri. Pola makan yang teratur dan tepat waktu tentu akan menghindarkan Anda dari masalah yang datu ini. Umumnya sih 3X sehari, pagi, siang dan malam, tetapi tergantung masing-masing individu ya.

Kedua adalah dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Dua jenis makan tersebut sangat kaya akan serat dan tubuh memerlukan serat tersebut untuk kelancaran proses metabolisme tubuh, khususnya buang air besar. Apel, pisang dan jeruk adalah contoh dari beberapa buah-buahan yang kaya akan serat.

Ketiga adalah dengan cukup minum air putih. Air disini juga berfungsi sebagai bahan lubrikasi bagi untuk anus Anda loh. Lihat saja, 80% tubuh kita terdiri dari air. Penting banget kan unsur yang satu ini?

Keempat adalah dengan menghindari makanan yang tinggi kandungan kolesterolnya. Karena makanan-makanan tersebut mengandung lemak jenuh yang dapat mengakitbatkan sembelit. Bisa dikatakan lemak jenuh dan serat adalah dua hal yang saling bertolak belakang.

Terakhir, adalah dengan berolahraga. Yah, apalah artinya diatas semua tanpa diimbangi dengan olahraga yang cukup karena olahraga memperbaiki kinerja jantung dan melancarkan aliran darah.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara mengatasi masalah sembelit. Semoga bermanfaat.


Oleh: Dwi Yonas P.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading