Sukses

Beauty

Cara Mengatasi Masalah Kegemukan Atau Obesitas (3)

Cara mengatasi masalah obesitas yang ketiga sendiri seperti yang dilansir oleh laman mayoclinic.com adalah dengan perubahan perilaku atau behavior changes. Bagaimana caranya? Simak ulasan singkat berikut.

Perubahan perilaku adalah sebuah program modifikasi perilaku dari yang normalnya jelek menjadi baik. Hal ini tentu dapat membatu Anda membuat sebuah perubahan besar terhadap gaya hidup Anda dalam menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Langkah yang harus diambil adalah dengan melakukan intropeksi pada diri sendiri mengenai faktor-faktor apa saja yang telah berkontribusi terhadap obesitas Anda. Entah itu faktor stress, makanan atau faktor lain yang terkait.

Nah, modifikasi perilaku atau bisa juga disebut dengan terapi perilaku dapat mencakup:

Konseling atau konsultasi. Ahli gizi, psikolog dan profesional lainnya yang berhubungan dengan obesitas dapat membantu Anda mengatasi masalah ini. Seperti contoh, seorang psikolog dapat membantu Anda mengatasi masalah emosional atau stress yang berefek pada naiknya berat badan Anda.

Contoh lain adalah pada seorang ahli gizi yang dapat membantu Anda memahami mengapa makan berlebihan itu tidak baik serta memberi masukan tentang asupan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Dari seorang ahli gizi tentu Anda juga dapat belajar tentang diet dan aktivitas olahraga yang sehat.

Cakupan lain adalah bergabung dengan komunitas-komunitas yang berkontribusi kepada turunnya berat badan Anda. Seperti contoh komunitas gowes. Jangan salah, mereka tidak sekedar mengayuh sepeda loh, tetapi juga mengajari kita hidup sehat dari setiap kayuhan dan bahkan meter yang telah kita lalui dengan bersepada. Asyik bukan?


Oleh: Dwi Yonas P.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading