Sukses

Parenting

Kenali Gejala Anak Sakit Perut V

Bunda, ada banyak sekali penyebab si kecil terkena sakit perut. Tak ada seorang anak pun yang bisa terbebas dari penyakit perut. Anak sakit perut biasanya disebabkan karena makanan yang ia makan, atau bisa pula karena telat makan.

Perlu Anda ketahui Bunda, gejala anak sakit perut biasanya ditandai dengan ulkus. Sebagain orang tua pasti asing mendengar ulkus itu seperti apa. Dijelaskan pada situs kidshealth.org, ulkus pada anak dapat disebabkan oleh infeksi Helicobacter pylori dengan, bakteri yang merusak lapisan perut dan usus kecil.

Gejala awalnya biasanya menyebabkan rasa sakit parah dan terasa terbakar di perut. Hal tersebut disebabkan karena waktu makan si kecil yang tidak teratur sehingga enzim asam akan mengikis lapisan perut. Sakit perut seperti terbakar adalah gejala yang paling umum. Ulkus peptikum terjadi ketika asam yang membantu pencernaan makanan merusak dinding lambung atau duodenum.

Gejala selanjutnya bisa berupa perut nyeri, epigastrium klasik dengan keparahan yang berkaitan dengan makanan setelah sekitar 3 jam untuk mengambil makan, perut kembung dan kepenuhan, mual dan muntah berlebihan, kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan, hematemesis (muntah darah), hal tersebut dapat terjadi karena pendarahan langsung dari ulkus lambung, atau dari kerusakan esofagus dari muntah yang parah atau melanjut, sering sendawa dan wajah pucat, keringat dingin, pusing.

Nah, kalau si kecil sudah menunjukkan gejala seperti itu segeralah bawa dia ke dokter ya Bunda guna penanganan lebih lanjut.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading