Sukses

Beauty

Definisi Gambar Tubuh atau Body Image Positif dan Negatif (II)

Di artikel sebelumnya telah diulas gambar tubuh atau body image yang positif. Kali ini, akan diulas body image yang negatif.

Seperti dilangsir dari laman plannedparenthood.org, body image yang negatif berkembang ketika seseorang menganggap bentuk tubuhnya tidak sesuai dengan standar tubuh ideal menurut keluarganya, lingkungan sosialnya, dan media massa. Body image yang negatif lebih mudah terbentuk jika seseorang membandingkan tubuhnya dengan standar ideal yang ada di dalam media.

Orang-orang yang memiliki body image positif akan bangga dengan bentuk tubuhnya bagaimanapun bentuknya, sedangkan orang-orang yang memiliki body image negatif cenderung kecewa dan tidak puas dengan bentuk tubuhnya. Bahkan, orang-orang yang memiliki body image negatif bisa saja tidak melihat dirinya sendiri apa adanya.

Orang yang memiliki body image negatif saat melihat bayangan dirinya di dalam cermin biasanya merasa bahwa salah satu bagian tubuhnya lebih besar atau lebih kecil daripada bentuk tubuh orang pada umumnya. Padahal bisa saja hal itu hanyalah imajinasinya saja.

Selain itu, orang yang memiliki body image negatif biasanya akan bersikap gugup dan canggung, serta merasa malu terhadap kekurangan bentuk tubuhnya. Sebenarnya hal ini merupakan fenomena yang normal dan sering juga dialami oleh orang lain. Namun, jika hal ini dibiarkan terlalu lama, hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan kesehatan mental orang tersebut.

Jadi, Anda memiliki body image yang mana?


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading