Sukses

Beauty

Apa Itu Selulitis? Kenal Lebih Jauh Yuk

Ladies, jika Anda sudah umum dengan istilah selulit yang mana mengacu ke kondisi kulit bergaris-garis putih dan terlihat seperti kulit jeruk sehingga memberikan penampilan buruk pada kulit tubuh, maka beda hal dengan istilah yang satu ini, yaitu selulitis.

Meskipun namanya hampir sama, namun kondisi selulit yang sering dikeluhkan banyak wanita sangat berbeda dengan penyakit selulitis. Berdasarkan kutipan dari www.patient.co.uk, penyakit selulitis ini disebabkan oleh adanya infeksi lapisan dalam kulit (dermis), lapisan lemak dan jaringan di bawah permukaan kulit. Semua bagian tubuh bisa terserang selulitis, tapi yang paling umum adalah bagian kaki.

Infeksi ini menjadikan kaki membengkak dengan timbulnya warna kemerahan atau keunguan. Hal ini sebenarnya cukup umum terjadi, dan infeksi bisa terjadi karena adanya luka goresan atau sayatan kecil pada kulit sehingga memberikan jalan masuk bagi bakteri untuk menginfeksi. Namun ada pula kemungkinan Anda mengalami selulitis seperti lebam tanpa ada penyebab khusus seperti adanya luka terbuka.

Selulitis bisa menyerang siapa saja dan yang berisiko tinggi adalah orang-orang yang memiliki kondisi kaki atlet, kulit lecet, kelebihan berat badan, memiliki sistem kekebalan tubuh yang buruk, menderita diabetes dan pengguna suntikan obat-obatan terlarang. Hal ini juga bisa terjadi jika Anda mengalami pembengkakan di kaki karena hamil, memiliki kulit eksim atau digigit serangga.

Gejala yang bisa diamati dari selulitis adalah bagian yang terinfeksi akan terasa hangat, tampak merah dan bengkak. Terkadang hal ini diikuti dengan menyebarnya area bengkak dan merah yang menandakan selulitis makin parah. Anda mungkin juga akan merasa tidak enak badan seperti demam dan gemetar dalam waktu 24 jam.

Untuk mengatasi pembengkakan, bisa diobati dengan antibiotik, dan jika kaki Anda yang terinfeksi, agar tidak menyebar ke bagian lain, Anda bisa mengangkat kaki lebih tinggi dari pinggul. Hal ini sekaligus bertujuan untuk meredakan sakit karena pembengkakan.

Dalam beberapa kasus, selulitis bisa menjadi parah dan menyebabkan jaringan yang terinfeksi rusak. Untuk lebih jelas dan aman, sebaiknya konsultasi ke dokter jika Anda merasa mengalami selulitis dan tidak yakin bagaimana cara mengobatinya, Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading