Sukses

Beauty

Makan Apa Saat Diare? Coba Hindari 5 Jenis Makanan Ini

Salah satu masalah pencernaan yang akan membuat Anda kelelahan serta lemas adalah diare. Mungkin terdengar sepele, karena obat diare sudah banyak dan umumnya tidak perlu resep dokter untuk bisa mendapatkan obatnya. Bahkan Anda bisa meracik sendiri obat diare di rumah, tanpa harus beli ke toko atau apotek.

Tetap saja, masalah pencernaan ini sangat mengganggu dan seringkali disertai dengan rasa sakit dan melilit berkali-kali di perut. Anda mungkin segera minum obat diare jika sudah seperti ini, namun untuk membuat obat diare bekerja dengan baik, dibutuhkan dukungan dari asupan makanan yang Anda konsumsi.

Seperti dikutip dari www.everydayhealth.com, ada beberapa macam makanan yang sebaiknya dihindari agar tidak memperparah kondisi diare, antara lain adalah

1. Makanan berlemak

Jika Anda sedang diare, maka makan makanan yang digoreng, bersantan atau berlemak lainnya hanya akan memperparah diare karena tidak banyak mengandung serat dan menyebabkan akumulasi asam di lambung.

2. Produk susu

Segala macam bentuk susu dan olahannya sebaiknya tidak Anda makan, seperti keju, yogurt, es krim, mentega dan bahkan permen susu. Meski diare tidak menjadikan usus anti susu, namun laktosa sepertinya tidak bersahabat baik dengan keadaan perut yang bermasalah.

3. Alkohol dan kafein

Hindari minuman beralkohol dan mengandung kafein seperti kopi, karena bersifat diuretik yang menyebabkan Anda mudah dehidrasi karena menyerap cairan di dalam tubuh.

4. Makanan dengan pemanis buatan atau sorbitol

Pemanis buatan (sorbitol) memiliki efek pencahar, sehingga sebaiknya dihindari segala makanan yang mengandung sorbitol. Contohnya seperti segala minuman manis kemasan, minuman bersoda, permen, dan lain sebagainya.

5. Makanan yang menyebabkan gas

Sangat penting untuk mengonsumsi buah dan sayur setiap hari, namun jika Anda diare, perut akan cenderung menghasilkan gas sehingga hindari sayur seperti kubis, kacang-kacangan, brokoli, dan kembang kol.

Untuk mengatasi masalah pencernaan ini, sebaiknya makan makanan berat dan berserat halus seperti seperti nasi, pisang, dan kentang rebus. Karena elektrolit di dalam tubuh juga berkurang, minum cairan gula dan garam serta banyak minum air putih akan sangat membantu meredakan diare, Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading