Sukses

Beauty

Demensia, Kenali 5 Tanda Ini Ladies

Salah satu kondisi yang mempengaruhi kinerja otak dengan melemahkan kemampuan otak sehingga Anda mengalami kesulitan dalam melakukan beberapa hal disebut dengan demensia, Ladies.

Keadaan ini bisa termasuk kategori gangguan atau penyakit otak yang lebih sering dialami oleh orang lanjut usia, namun tidak menutup kemungkinan orang dengan usia muda juga mengalaminya akibat dari penyakit syaraf seperti Alzheimer, stroke, Parkinson dan lain sebagainya.

Menurut kutipan dari www.everydayhealth.com, ada beberapa gejala yang bisa dikenali sebagai indikator awal munculnya demensia dari aktivitas harian yang Anda lakukan, seperti misalnya

1. Kesulitan mengunyah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang lanjut usia di atas 77 tahun yang memiliki kesulitan mengunyah makanan keras seperti apel memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit demensia. Ini karena ketidakmampuan mengunyah menyebabkan aliran darah ke otak menurun sehingga membuat otak tidak fresh.

2. Berjalan lambat

Gaya berjalan Anda sebenarnya sudah bisa mengindikasikan bahwa Anda berisiko terkena Alzheimer yang nantinya akan menimbulkan demensia pada otak. Ditemukan adanya kelainan saat berjalan, terutama ketika Anda sudah merasa berjalan dengan cepat padahal orang lain menganggap jalan Anda sangat lambat.

3. Gangguan tidur

Jika Anda suka begadang dan kurang tidur, otak tidak mendapat waktu cukup meregenerasi dan memperbaiki sel-sel otak yang harusnya diperbarui. Hal ini akan mengakibatkan adanya kerusakan kognitif ringan karena ritme sirkardian melemah. Jika Anda kurang beraktivitas di pagi hari karena kelelahan juga meningkatkan risiko demensia.

4. Kelebihan berat badan

Sudah banyak penyakit serius yang menjadikan masalah obesitas sebagai penyebabnya, tidak terkecuali demensia. Orang dengan masalah kegemukan akan memiliki aktivitas lebih sedikit dan tidak banyak olahraga sehingga otak tidak banyak mendapat asupan oksigen.

5. Depresi

Merasa sedih bukan hanya buruk untuk kesehatan emosional Anda, namun juga buruk untuk kesehatan. Depresi memberikan risiko tiga kali lipat untuk Alzheimer dan demensia karena tidak banyak dopamin yang diproduksi otak sehingga menjadikan otak tertekan dan kelelahan.

Jadi, untuk menghindari demensia, mulailah hidup sehat dari sekarang dan perhatikan tanda-tandanya ya Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading