Sukses

Beauty

5 Alasan Mengapa Minum Kopi Itu Baik Sebelum Olahraga

Anda mungkin sering mendengar bahwa kopi, di mana selalu mengandung kafein, tidak baik untuk tubuh karena dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit. Hal ini memang tidak salah, namun juga tidak sepenuhnya benar.

Jika Anda merupakan salah satu penggemar kopi, maka berita dari news.health.comberikut ini pasti akan membuat Anda senang, karena ternyata kopi memiliki 5 manfaat kesehatan jika diminum sebelum olahraga, di antaranya adalah

1. Meningkatkan sirkulasi darah

Sebuah penelitian di Jepang menunjukkan bahwa sirkulasi darah pada orang yang minum kopi berkafein sebelum berolahraga mengalami peningkatan sebesar 30 persen selama 75 menit setelah olahraga daripada mereka yang tidak minum kopi atau minum kopi tanpa kafein.

 

2. Mengurangi nyeri

Para ilmuwan di University of Illinois menemukan bahwa mengonsumsi kopi berkafein dua hingga tiga cangkir satu jam sebelum olahraga intensitas tinggi dapat mengurangi nyeri otot setelah olahraga. Ini menunjukkan bahwa kafein mampu mendorong ketahanan otot dan mengurangi ketegangan di otot.

3. Memperkuat memori atau ingatan

Sebuah penelitian menemukan bahwa kafein meningkatkan memori hingga 24 jam setelah dikonsumsi. Pada penelitian tersebut, orang yang mengonsumsi kopi berkafein dapat mengingat gambar, bentuk, dan lain esok harinya daripada mereka yang tidak minum kopi.

 

4. Mempertahankan keremajaan otot

Kafein juga memiliki sifat antioksidan yang mampu mempertahankan keremajaan otot dan menghindari penuaan berlebih pada otot sehingga otot lebih bugar dan terhindar risiko cedera setelah berolahraga. Hal ini dibuktikan dengan adanya efek protektif dapat kedua otot diafragma dan otot rangka yang digunakan untuk bernapas.

5. Makanan bagi otot

Dibanding mengonsumsi karbohidrat saja, kombinasi antara karbohidrat dan kafein menghasilkan peningkatan 66% pada glikogen otot empat jam setelah olahraga.  Glikogen merupakan bentuk karbohidrat yang disimpan di dalam otot yang berfungsi sebagai energi cadangan selama dilakukannya olahraga, yang dapat menyuplai energi.

Itu dia manfaat kopi dan kafein yang dikandungnya. Meski begitu, bukan berarti Anda bisa bebas minum kopi ya, karena semua hal yang berlebihan sangat tidak baik untuk tubuh, termasuk juga kopi.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading