Sukses

Beauty

Kenapa Sih Kita Bisa Tiba-Tiba Ingin Ngemil yang Asin Gurih?

"Ingin makan yang asin-asin dan gurih deh." "Sepertinya makan keripik yang renyah dan gurih itu enak juga." Hayo, siapa yang sering tiba-tiba ingin ngemil makanan dengan rasa asin dan gurih? Eh ternyata ada alasan ilmiahnya juga lho kok kita bisa tiba-tiba ingin makan sesuatu yang memiliki rasa asin dan gurih.

    Faktor Kebiasaan

    Jika di rumah Anda terbiasa menikmati makanan yang asin dan gurih, maka Anda akan cenderung menganggap makanan yang kurang asin atau kurang gurih itu sebagai makanan yang membosankan dan hambar. Tapi Anda perlu waspada karena ternyata kita hanya membutuhkan maksimal 2.300  miligram garam (sekitar satu sendok teh garam) per harinya. Dilansir dari mindbodygreen.com, bahkan untuk orang tua di atas 51 tahun, orang dengan penyakit darah tinggi, diabetes, dan ginjal, kebutuhan garamnya hanya 1.500  miligram per hari.

    Tubuh Kekurangan Mineral

    Tubuh kita memerlukan kalsium, sodium, seng, dan berbagai mineral lain untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Mineral-mineral tersebut bisa membantu kelancaran proses kimia dalam tubuh dan menjaga keseimbangan hormon. Dan banyak mineral yang memiliki rasa asin. Sehingga ketika Anda merasa ingin makan sesuatu yang asin atau gurih, tubuh Anda sedang mengirim sinyal bahwa tubuh Anda butuh garam untuk memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh.

    Mengalami Dehidrasi

    Sodium memiliki fungsi untuk menahan air di dalam tubuh dalam waktu yang cukup lama untuk menghidrasi sel-sel tubuh kita. Saat Anda mengalami dehidrasi, Anda akan butuh lebih banyak garam untuk menstabilkan elektrolit (garam mineral yang menghantarkan keelektrikan di dalam jaringan tubuh dan mempertahankan kebutuhan air yang dibutuhkan) dalam tubuh Anda.

    Gangguan Fungsi Kelenjar Adrenal

    Keinginan yang amat sangat untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gula bisa menjadi tanda adanya gangguan fungsi kelenjar adrenal dan bisa juga menjadi pertanda tekanan darah rendah. Ketika Anda mengalami keinginan ngemil makanan yang asin dan gurih secara berlebihan, kurang berenergi, dan terdapat kantung mata di bawah mata, sebaiknya Anda pergi ke dokter untuk melakukan pengecekan kadar kortisol dan kelenjar adrenal Anda.

Keinginan untuk makan sesuatu (seperti ngidam) biasanya menjadi tanda adanya defisiensi dalam tubuh. Penyebabnya bisa karena faktor fisik (sistem adrenal yang kurang aktif), emosi (kebiasaan), dan nutrisi (seperti kadar mineral rendah). Untuk menyeimbangkan kebutuhan tubuh dan hormon dalam tubuh, Anda perlu memperhatikan kandungan dari makanan yang Anda konsumsi.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading