Sukses

Lifestyle

Resep Homemade Mayones

Jika Anda ingin mayonaise yang lebih sehat dan hemat, resep mudah dari resepmasakandanduniaibu.com ini dapat Anda coba di rumah:

Bahan

  • Dua butir kuning telur,
  • 250 ml minyak nabati, 
  • dan satu sendok teh air lemon atau cuka. 

Cara Membuat:

  1. Gunakan wadah bersih dan kering yang cekung, sehingga kuning telur yang dikocok berada pada satu titik.Gunakan mixer satu kaki berkecepatan rendah dan stabil.
  2. Pastikan kuning telur dikocok sampai mengembang, kental, berwarna kuning pucat, dan lembut. Jika tidak, mayones akan pecah dan tidak dapat menyatu.
  3. Tambahkan air lemon atau cuka agar aroma amis dari telur hilang dan telur matang. Namun jangan terlalu banyak karena akan merusak rasa dan mayones tidak dapat mengembang dan kental
  4. Minyak nabati rendah lemak adalah minyak terbaik untuk mayones. Tuang minyak secara bertahap dan sedikit demi sedikit sambil terus dikocok. Jika tidak bertahap, mayones akan pecah dan tidak dapat menyatu.
  5. Setelah menjadi mayones, bumbui dengan garam, lada, atau bumbu lain sebagai perasa sesuai selera.
 
Jika Anda gagal dalam membuatnya, cobalah tips berikut: 
  • Jika pecah: Tambahkan kuning telur yang dikocok hingga mengembang, kental, berwarna pucat, dan lembut. Lalu tuang mayones yang pecah ke dalam kuning telur sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan dengan mixer dengan kecepatan rendah.
  • Mengering dan pecah karena disimpan dalam kulkas: Aduk rata satu sendok teh cuka atau air lemon, dan satu sendok teh mustard untuk 250 ml mayones yang pecah. Tuang mayones sedikit demi sedikit sambil dikocok mixeratau balloon whisk (alat pengocok) sampai mayones lembut kembali.
  • Terlalu kental: Kocok perlahan mayones dengan mixer kecepatan rendah sambil dituangi minyak sedikit demi sedikit.
  • Bau: Tambahkan air lemon, seledri, atau merica bubuk.
(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading