Sukses

Lifestyle

Merawat Peralatan Masak Dari Kayu Dengan 2 Bahan Alami

Dalam memasak, kita sangat mungkin menggunakan peralatan masak yang terbuat dari kayu. Misalnya piring kayu, telenan, pisau, spatula, alat parut dan sebagainya. Peralatan masak ini berhubungan langsung dengan makanan yang akan kita olah. Oleh karena itu harus terjaga kualitas dan kebersihannya. 

Salah satu cara untuk menjaga kualitas dan membersihkan peralatan masak dari kayu ini adalah dengan menggunakan bahan alami. Sehingga tidak akan mengandung bahan-bahan yang kurang menguntungkan bagi kita. Misalnya sisa pembersih kimia dan sebagainya. Coba beberapa tips ini untuk merawat peralatan kayu Anda. 

  • Peralatan masak dari kayu yang sifatnya tidak glossy atau tidak dipernis, sebaiknya dibersihkan dengan menggunakan larutan lemon. Gosok telenan dengan irisan lemon sampai dirasa cukup bersih. Kemudian digosok dengan sabut kelapa. Bilas dengan air. 
  • Untuk telenan yang digunakan memasak daging, sebaiknya dikerik lebih dulu permukaannya dengan pisau. Kemudian digosok dengan irisan lemon dan dibersihkan dengan sabut kelapa. Lalu dibilas dengan air. 
  • Peralatan masak dari kayu yang mengkilap (biasanya piring, mangkok atau spatula) sebaiknya jangan dibersihkan dengan sabut kasar. Boleh dicuci dengan sabun karena minyak dan lemak mudah menempel di dalamnya. 
  • Jangan lupa untuk merawat para peralatan masak dari kayu ini. Gunakan larutan lemon yang dicampur dengan minyak zaitun light. Dengan cara ini, Anda bisa menjaga dan merawat permukaan kayu agar bersih dan tetap glossy (meskipun bukan peralatan masak kayu yang glossy juga bisa menggunakan cara ini)
  • Jangan merendam peralatan masak dari kayu karena bisa mempengaruhi bau dari peralatan masak itu sendiri. 

Semoga tips ini bisa membantu menjaga peralatan masak Anda tetap bersih dan berkualitas. Dengan begitu Anda akan lebih happy dan bisa mengolah masakan sehat untuk keluarga. Selamat mencoba. 

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading