Sukses

Lifestyle

Agar Kue Lebaran Tidak Cepat Melempem, Ikuti Tips Ini!

Wah, lebaran sudah di depan mata! Apakah Anda sudah siap untuk menyambut hari kemenangan yang tinggal sebentar lagi ini? Salah satu kesibukan (yang seru) ketika akan menyambut lebaran adalah menyiapkan kue lebaran. Hmm, tapi apakah Anda sudah menyimpan dan menyiapkan kue lebaran Anda dengan benar.

Agar kue lebaran Anda tidak mudah melempem, ikuti beberapa tips berikut ini. Kue lebaran yang enak dan disimpan dengan benar pastinya akan membuat tamu Anda merasa senang saat dijamu kan?

    Menyiapkan Stoples

    Stoples yang akan Anda gunakan harus bersih dan usahakan steril. Apalagi jika Anda menggunakan stoples yang sudah lama tidak digunakan. Minimal Anda harus mencuci stoples dengan bersih dan bilas dengan air panas. Pastikan juga stoples sudah benar-benar kering sebelum Anda memasukkan kue ke dalamnya.

    Biarkan Kue Dingin Terlebih Dahulu

    Jangan masukkan kue yang masih hangat atau masih panas ke dalam stoples. Biarkan kue tersebut benar-benar dingin sebelum Anda memasukkannya ke dalam stoples.

    Gunakan Silica Gel atau Kemasan Garam

    Supaya kelembapan udara dalam stoples tetap terjaga, masukkan silica gel dalam kemasan. Jika tidak ada silica gel, Anda bisa menggunakan alternatif kemasan garam. Caranya sangat mudah: bungkus 1-2 sendok teh garam dengan kain yang bersih dan kering. Setelah itu masukkan kemasan garam tersebut ke dalam stoples yang akan diisi kue kering.

    Jangan Mencampur Semua Jenis Kue

    Satu stoples untuk satu jenis kue. Mencampuradukkan berbagai jenis kue dalam satu stoples akan sangat mempengaruhi kelembapan dalam stoples tersebut. Kue pun jadi cepat rusak jika dicampurkan dengan jenis kue yang lain. Perhatikan juga rasa setiap kue, mencampurkan kue rasa cokelat dengan kue rasa mint misalnya, akan membuat kue Anda jadi memiliki rasa yang tak karuan.

    Pastikan Stoples Tertutup Rapat

    Agar kelembapan udara tidak merusak tekstur kue Anda, Anda harus menutup stoples Anda rapat-rapat. Jika udara masuk ke dalam stoples, kue bisa dengan mudah melempem dan rasanya juga tidak renyah.

    Beri Tanggal

    Buat label khusus yang bisa ditempelkan di bagian bawah stoples atau di permukaan bawah tutup stoples yang berisi tanggal Anda memasukkan kue tersebut ke dalam stoples. Setiap jenis kue punya periode waktu kadaluarsanya sendiri-sendiri.

    Jauhkan dari Makanan yang Berbau Menyengat

    Simpan atau taruh stoples berisi kue Anda di tempat yang kering dan jauhkan dari makanan yang berbau menyengat seperti durian atau terasi. Anda pastinya tak mau kan rasa kue kering Anda jadi berubah karena tercampur dengan bau makanan menyengat lainnya.

Selamat menyambut hari kemenangan, Ladies! Semoga setelah bulan Ramadan ini berlalu, kita bisa menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading