Sukses

Lifestyle

Mengawetkan Daging Sapi dengan Garam

Ribuan tahun sebelum ditemukan teknologi freezer, manusia telah menggunakan garam sebagai bahan penting untuk mengawetkan makanan termasuk daging sapi. Garam memiliki kemampuan untuk membuang air dalam daging sapi yang berpotensi sebagai tempat tumbuh bakteri dan jamur.

Garam membuat tingkat keasaman sel bakteri menjadi tidak seimbang sehingga bakteri pun tidak dapat tumbuh dalam daging. Apabila Moms ingin mencoba cara lama ini, berikut adalah langkah-langkah mengawetkan daging sapi yang dilangsir dari situs ehow.com.

1. Sesaat setelah membeli daging sapi, segera bersihkan daging sapi dengan air yang mengalir dari kran. Lalu, keringkan dengan menepuk-nepuknya menggunakan tisu makan.
2. Setelah daging sapi kering, olesi seluruh bagian daging sapi dengan garam dan lapisi daging sapi tersebut dengan menggunakan garam untuk mencegah pembusukan.
3. Kemudian, gantungkan daging sapi tersebut di dalam ruangan dengan suhu 15 °C dan diamkan selama tiga minggu.
4. Setelah tiga minggu, angkat daging sapi tersebut dan Anda pun sudah dapat memasaknya sesuai dengan kebutuhan.

Cara lama mengawetkan daging sapi ini memang tidak dapat menyimpan daging sapi selama freezer dapat menyimpannya. Namun, jika Moms tidak memiliki fasilitas yang memadai, cara ini dapat digunakan untuk mengawetkan daging sapi.

Selain mudah, cara pengawetan ini juga ramah di kantong Anda. Silahkan dipraktekkan di rumah ya, Moms.

Oleh: Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading