Sukses

Parenting

Peran Nenek dan Kakek Pada Masa Menyusui

Masa setelah melahirkan mungkin akan menjadi saat-saat paling sibuk. Bantuan dari keluarga terdekat akan membantu Anda untuk menyelesaikan banyak hal dalam masa menyusui. Ketika sang ayah bekerja di siang hari, bantuan dari orangtua Anda—nenek dan kakek—akan menjadi sangat berharga.

Meskipun dahulu mereka membesarkan Anda dengan susu formula, mereka juga bisa dilibatkan untuk mendukung Anda dengan program ASI eksklusif. Mulanya, yang paling penting adalah memberi mereka pengetahuan yang cukup tetang pentingnya ASI, dan saat ini Anda sangat menghindari pemberian susu formula untuk anak Anda.

Selama proses ini, mungkin orang tua Anda, terutama sang nenek, akan sering menanyakan apakah ASi Anda cukup atau apakah si bayi sudah kenyang. Menurut www.dealbreastfeedingsupportgroup.co.uk, dengan kelelahan fisik selama merawat bayi, pertanyaan ini akan terdengar lebih sensitif bagi ibu. Padahal niat mereka adalah untuk memberikan perhatian.

Disini, seperti yang dirilis www.dchs.nhs.uk, peran nenek kakek yang dapat diberikan untuk mendukung pemberian ASI adalah:

•    Mengerti pentingnya ASI, meski dahulu memberi anaknya susu formula—bukan ASI eksklusif.

•    Jika ada cucu yang lebih tua, nenek kakek dapat mengasuhnya sementara ibu mengasuh anak yang lebih kecil.

•    Membantu merawat bayi ketika ibu harus beristirahat di siang hari.

•    Senantiasa memberi bantuan pada ibu.

•    Membantu mengerjakan beberapa pekerjaan rumah tangga yang biasa dilakukan ibu, sehingga dia tidak terlalu kelelahan.

•    Membantu menyiapkan minuman hangat untuk ibu.

Peran nenek kakek disini untuk membantu dan mendukung ibu, jangan sampai hal ini malah membuat mereka terbebani.

Oleh: Zurriat Nyndia

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading