Sukses

Parenting

Ikutlah Terlibat dalam Perkembangan Balita Anda

Balita Anda tidak tumbuh dengan sendirinya. Banyak hal yang mempengaruhi perkembangan balita Anda, baik dari luar maupun dari dalam. Mulai dari kemampuan pribadinya, nutrisi yang dicerna tubuhnya, hingga dorongan dan dukungan dari lingkungannya.

Menjadi salah satu orang dewasa yang hadir di dalam lingkungan sekitar balita, Anda termasuk dalam pengaruh dari luar balita. Pernahkah Anda memperhatikan balita Anda yang sesekali meniru kebiasaan Anda? Itu adalah salah satu contohnya.

Untuk itu Moms, menjadi orang dewasa, khususnya ibunya, tidak hanya menjadi penyedia bagi kebutuhannya, seperti menyediakan mainan, makanan, minuman, tempat tidur, kehangatan, dan lainnya. Namun, balita Anda juga membutuhkan dukungan Anda dalam memaksimalkan kemampuannya.

Kemampuan balita biasanya akan tampak jika ia mendapatinya di lingkungannya. Contohnya, ia mungkin mampu dan berbakat dalam bermusik jika ia diberikan kesempatan untuk mengetahui dan mengembangkannya.

That’s why, Moms. Berikut adalah hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu balita Anda dalam perkembangannya, yang telah dikutip dari cyh.com.

- gemarlah berkomunikasi dengannya. Tanyakan apa saja yang telah dilakukannya, atau apa yang diinginkannya.

- ajak balita Anda untuk bernyanyi atau bermain musik bersama. Jika Anda tertarik untuk bernyanyi bersamanya, melakukannya sebelum tidur adalah salah satu waktu terbaiknya.

- bacakan cerita atau dongeng dengan buku bergambar, puppet, atau boneka yang rutin. Jika ia menginginkan untuk dibacakan cerita yang sama setiap harinya, tidak perlu mengeluh ya, Moms.

- pertemukan ia dengan balita lainnya untuk melatih kemampuan berhubungan sosialnya. Ia juga akan belajar tentang peraturan dalam permainan. Ia akan mulai berkembang untuk bertanggung jawab.

Nah Moms, dengan melakukan hal tersebut secara rutin, niscaya ia akan berkembang dengan baik.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading