Sukses

Parenting

5F, Sarana Penularan Diare pada Bayi - 2

Dalam artikel sebelumnya Bunda telah berkenalan dengan 2 media yang termasuk dalam kelompok 5F yang merupakan media penularan kuman penyebab diare pada bayi. Pada artikel tersebut Bunda telah memahami 2 media yang seringkali membawa kuman yang bisa membuat bayi diare atau tertular diare.

Menurut laman nhs.uk, terkadang media-media tersebut saling berhubungan satu sama lain, seperti pada food (makanan) dan flies (lalat). Lalat yang suka menempel di tempat-tempat kotor akan membawa kuman penyebab diare dan menempel pada makanan yang Bunda atau sang buah hati konsumsi.

Selain itu, field (lingkungan) dengan fluid (air, khususnya air bersih di rumah) juga saling berhubungan. Jika Bunda dan keluarga tinggal di lingkungan dengan tingkat kebersihan yang buruk atau kualitas air bersihnya buruk, maka si kecil akan rentan terserang diare.

Food and Flies
Jika makanan yang Bunda atau bayi konsumsi sudah tercemar atau kurang bersih saat proses pengolahannya, inilah yang membawa kuman penyebab sang buah hati diare. Jadi pastikan Bunda memasak makanan sehat dengan bahan-bahan higienis dan mengolahnya dengan benar.

Jika makanan tersebut disimpan, pastikan Bunda menyimpannya dengan baik sehingga lalat tidak dating dan makanan tersebut tidak menjadi tempat berkembang biaknya kuman.

Field
Bunda harus senantiasa menjaga kebersihan lingkungan rumah maupun lingkungan sekitar rumah. Lingkungan rumah, khususnya kamar tidur dan kamar mandi, harus senantiasa bersih dari kotoran. Lingkungan sekitar rumah juga harus Bunda jaga untuk mencegah adanya kuman yang berkembang. Apalagi saat musim hujan dimana virus rotavirus penyebab diare bisa berkembang biak.

Oleh: Anindita Yurizqi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading