Sukses

Parenting

5F, Sarana Penularan Diare pada Bayi - 1

Bunda, penyebab diare pada bayi bisa bermacam-macam, baik itu infeksi kuman melalui makanan atau kurangnya kebersihan lingkungan. Bahkan, diare bisa dialami sang buah hati yang mendapat ASI dari Bunda jika Bunda memakan makanan yang kurang baik gizinya sehingga mempengaruhi sistem pencernaannya.

Seperti yang dijelaskan dalam laman nhs.uk , faktor-faktor penyebab tersebut pasti dibawa oleh media tertentu yang membuatnya ‘masuk’ hingga sistem pencernaan sang buah hati. Media tersebut biasa disebut sebagai 5F. 5F merupakan inisial dari fingers (jari-jari tangan), fluid (air/cairan), food (makanan), field (lingkungan), dan flies (lalat).

Fingers
Fingers dalam hal ini dapat diartikan sebagai sentuhan tangan terhadap bayi. Sentuhan tersebut bisa berasal dari tangan sang bayi sendiri karena biasanya bayi memang cenderung suka memasukkan tangannya pada mulut.

Sentuhan tersebut juga bisa berasal dari oranng-orang disekitarnya seperti keluarga atau orang lain yang menyentuh sang buah hati. Sebagai orang terdekatnya, Bunda menjadi orang pertama dan utama yang harus menjaga kebersihan diri Bunda, khususnya tangan. Bunda adalah orang yang paling sering menyentuh sang buah hati dan memberinya makan.

Fluid
Air juga bisa menjadi media penyebab sang buah hati diare. Jika Bunda menyusui dan Bunda meminum air yang tidak direbus hingga matang sebelumnya, sang bayi akan rentan terserang diare walaupun Bunda tidak akan mendapat efek apapun.

Selain itu, air yang digunakan untuk membersihkan diri bayi juga bisa menyebabkan sang buah hati diare, terutama jika kondisi air di rumah tidak bersih dan tidak bagus.

Oleh: Anindita Yurizqi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading