Sukses

Parenting

Pengalaman dan Cara Membentuk Karakter Buah Hati

Mempelajari sesuatu tidak akan banyak berarti tanpa melakukan apa yang kita pelajari. Itu pula yang berlaku ketika buah hati anda belajar membentuk karakter dan nilai moral dalam hidupnya. Seperti halnya anda, pengalaman adalah salah satu cara membentuk karakter yang paling efektif karena buah hati anda akan langsung mengalaminya, Moms

‘pengalaman adalah guru terbaik’. Kiasan tersebut bukan muncul tanpa alasan lho, Moms. Pengalaman memberikan pelajaran yang paling dalam dan paling mengena yang bisa dialami oleh seorang manusia, baik itu anda yang telah makan asam garam dunia maupun buah hati anda yang tengah tumbuh dewasa.

Pengalaman sangat penting dalam membentuk karakter buah hati anda karena pengalaman merupakan metode dan materi belajar yang terjadi secara alami, Moms. Pengalaman juga akan menjadi sebuah modal berharga untuk buah hati anda karena apa yang akan mereka alami tidak mungkin akan mereka alami kembali, membuat setiap pelajaran yang mereka dapatkan dari pengalaman unik dan mengena

Namun, menurut childparenting.about.com, tidak semua pelajaran yang didapat dari pengalaman mudah untuk diinterpretasi lho. Terkadang seorang anak perlu bimbingan orang tuanya untuk memahami arti dari sebuah pengalaman dan menarik pelajaran darinya.

Maka dari itu, meskipun buah hati anda adalah pelaku aktif dari proses membentuk karakter dari pengalaman tersebut, anda tetap memiliki andil di dalamnya kok, Moms.

Oleh : Mamor Adi P.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading