Sukses

Parenting

5 Hal Yang Menyebabkan Kehamilan Anda Tertunda

Terus menerus ditanya "sudah hamil atau belum?" membuat sekian banyak wanita mengalami keresahan dan susah tidur di malam hari. Padahal kurang tidur dan stres malah akan mempengaruhi kesuburan dan membuat kehamilan menjadi tertunda.

Sangatlah penting untuk para wanita menjaga tubuhnya dari stres dan menyeimbangkan hormon. Ketika semua hal di dalam tubuh berjalan normal, maka sistem reproduksi tidak akan terganggu.

Dilansir Boldsky.com, inilah beberapa hal yang menyebabkan Anda sampai sekarang belum hamil.

Menstruasi tidak teratur

Tidak teraturnya jadwal menstruasi umumnya disebabkan karena tidur tidak teratur dan stres. Pengaruhnya sangat besar dan membuat Anda jadi kesulitan merencanakan kehamilan. Khususnya Anda jadi tak tahu di tanggal mana Anda mengalami kesuburan.

Berat badan naik

Katanya kalau berat badan naik maka seorang wanita bahagia dalam pernikahannya. Ada pula yang berpikir bahwa 'nggak apa-apa gemuk asal sehat'. Apakah sampai sekarang ini Anda masih berpikir bahwa gemuk itu sehat?

Faktanya, kegemukan dapat mempengaruhi kesuburan wanita, alhasil wanita tidak akan mudah hamil dan disarankan menjaga berat badan agar tetap ideal.

Stres parah

Stres bisa disebabkan oleh berbagai hal, termasuk pekerjaan, relasi dengan orang lain, dan lain sebagainya. Stres memberikan pengaruh pada hormon di dalam tubuh, dan ketika hormon tidak seimbang maka kesuburan juga terganggu.

Penurunan testosterone

Penurunan hormon testosterone pada suami juga mempengaruhi pembuahan. Ketika seorang pria kelelahan dan kurang tidur, hormon testosterone akan naik, alhasil pembuahan menjadi gagal.

Penurunan jumlah sperma

Selain turunnya hormon testosterone, sperma juga bisa turun kualitas dan jumlahnya. Inilah yang juga menyebabkan kesulitan kehamilan sekalipun Anda melakukan hubungan intim di masa subur.

Apabila Anda ingin merencanakan kehamilan segera, maka konsultasikan kehamilan dengan dokter agar lekas mendapatkan pertolongan ahli.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading