Sukses

Lifestyle

Nih Baca Ya Ladies, Bahayanya Kalau Anda Workaholic

Sudah bukan hal yang aneh lagi apabila 24 jam 7 hari seminggu Anda sibuk soal urusan pekerjaan. Memang sih, kerja keras menentukan hasil dan masa depan karier, namun apa iya Anda harus mengorbankan segalanya.

Bagi sebagian orang, terus menerus larut dalam pekerjaan sudah menjadi kebiasaan. Tanpa peduli lagi akan keluarga, teman-teman atau bahkan kesehatan diri sendiri. Awalnya lupa makan siang, selanjutnya lupa makan malam, dan bahkan harus pulang dini hari kembali ke kantor pagi-pagi atau malah menginap di kantor.

Ladies, sadarkah Anda bahwa Anda sedang kecanduan kerja?

Workaholic dinilai sebagai salah satu gangguan. Menurut Dr Anjali Chhabria, seperti dilansir indiatimes, workaholic termasuk dalam OCPD (obsessive compulsive personality disorder). Rasanya seperti tidak pernah puas apabila pekerjaan belum selesai saat itu juga. Dan ketika pekerjaan selesai akan ada rasa bingung serta cemas saat tidak ada pekerjaan apapun yang bisa dilakukan.

Bahayanya, workaholic bisa mempengaruhi kesehatan dan menciptakan masalah sosial dengan orang terdekat. Tidak sedikit mereka yang workaholic kemudian mengalami penyakit jantung dan penyakit lainnya, bahkan bisa menyebabkan depresi, kerusakan pada syaraf hingga kematian.

Kembali seimbangkan diri

Seimbangkan waktu Anda. Jangan berlebihan dalam bekerja, dan di sinilah Anda harus pandai-pandai mengatur waktu.

  • Buat pattern hidup Anda sendiri, jangan biarkan orang lain yang menentukannya.
  • Hindari berbicara soal pekerjaan saat makan siang atau makan malam, dan di saat Anda sedang santai
  • Matikan semua alat komunikasi yang berhubungan dengan pekerjaan di Sabtu dan Minggu. Nikmati akhir minggu dengan hal-hal yang menyenangkan tanpa khawatir.
  • Perlahan kurangi jam lembur Anda. Biasakan untuk bekerja 7-8 jam saja dalam sehari.
  • Tidak perlu merasa bersalah apabila Anda tidak bisa menyelesaikan pekerjaan hari itu juga. Apalagi jika Anda membatalkan lembur.

Karena kesehatan adalah aset penting yang akan membuat usia lebih panjang, maka atur jam kerja Anda dengan baik agar sepanjang usia Anda bisa selalu berbahagia.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading