Sukses

Parenting

15 Poin Emas Agar Buah Hati Menjadi Yang Terbaik

"As a parent, you can play a crucial role in awakening latent learning abilities or developing current strengths through experiences you give your child at home."

~ Thomas Armstrong, Director of American Institute of Learning & Multiple Intellegence Expert, USA."

Sebagai orangtua pasti mengharapkan anaknya menjadi yang terbaik. Sayangnya, orangtua juga kadang terlalu menekan dan cenderung memaksakan kehendaknya pada anak. Padahal, berdasarkan penelitian Dr. Howard Gardner dari Harvard University mengenai Multiple Intellegences, setiap anak berbeda-beda dan dapat memiliki sampai dengan 8 jenis kepintaran, tetapi anak cenderung unggul hanya di satu atau dua bidang tertentu.

Studi di Harvad University ini, menjelaskan setiap anak memiliki cara yang berbeda dalam menampilkan kepintarannya. Ada yang melalui kata-kata, angka, musik, gambar, olahraga, kemampuan menalar, sosial hingga kontrol emosional. Hal ini sepatutnya bisa dijadikan poin penting orangtua dalam mendidik anak.

Agar anak dapat menjadi yang terbaik, ada beberapa langkah yang sebagai orang tua dapat Anda lakukan. Langkah-langkah ini terangkum dalam 15 poin emas berikut ini:

1. Biarkan Anak Menemukan Minatnya

Minat orangtua bisa jadi tidak sama dengan anak, maka biarkan dia menemukannya sendiri.

2. Dukung Anak Menggali Lebih Banyak Pengalaman

Semakin banyak pengalaman, semakin banyak peluang bagi anak untuk menjadi yang terbaik.

3. Sikapi dengan Bijak Setiap Kesalahan Anak

Orangtua tentu paham kenapa kesalahan bisa terjadi. Sikapi dengan bijak dan dukung anak menemukan solusinya.

4. Budayakan Berdiskusi Bersama Anak

Kenapa langit berwarna biru? Kenapa cicak bisa menempel di dinding? Semua hal yang hampir dijumpai setiap hari, perlu didiskusikan bersama anak sejak dini.

5. Tumbuhkan Kreativitas Anak

Mengajak memasak, memperbaiki perabot rumah tangga, membuat kandang peliharaan, ada banyak kreativitas yang bisa orangtua tularkan pada anak.

6. Jangan Menekan Proses Belajar Anak

Kapasitas berpikir selalu ada batasnya. Semakin dipaksakan, anak akan semakin sulit menjalankannya.

7. Perkaya Media Belajar Anak

Wayang untuk mengenalkan budaya, cat tangan untuk menumbuhkan imajinasi, perkusi untuk mengasah bakat seni. Kenalkan lebih banyak benda sebagai media belajar.

8. Jadilah Teladan Bagi Anak

Biasakan untuk menjadi yang terbaik dulu, sebelum menyuruh anak mencapai hal yang sama.

9. Hindari Kritikan dan Hukuman Bagi Anak

Jangan sampai anak melakukan segala hal karena terpaksa atau takut hukuman dari orangtua. Jadilah orang terdekat yang benar-benar dibutuhkannya saat susah maupun gembira.

10. Hargai Setiap Keberhasilan Anak

Luangkan lebih banyak waktu untuk mengajak anak menceritakan dengan bangga setiap hal yang berhasil dilakukannya hari ini.

11. Dengarkan Setiap Ucapan Anak

Apa yang disampaikan anak adalah bentuk keinginannya agar bisa memperoleh dukungan orangtua.

12.  Berhentilah Menyuap Anak

Mungkin niatan orangtua baik, tetapi akan berimbas pada kehidupannya kelak. Anak akan terbiasa meminta pamrih dari setiap hal yang telah dilakukannya.

13. Jangan Bandingkan dengan Anak Lain

Sebaliknya, sebagai introspeksi agar anak menjadi yang terbaik, bandingkan dengan keberhasilannya di masa lalu.

14. Berikan Pilihan Pada Anak

Orangtua yang pintar akan memberikan pilihan pada anak, bukan memaksakan pilihannya kepada anak.

15.  Bermain-mainlah Bersama Anak

Percayalah, segala keterampilan dan kreativitas yang orangtua berikan lewat permainan akan lebih teringat oleh anak, daripada menyuruhnya belajar sepanjang hari misalnya.

Dengan dukungan terbaik dari orangtua, setiap anak dapat bersinar dan menjadi yang terbaik, apapun kepintarannya. Selain itu, orangtua juga bisa mengoptimalkan kepintaran anak melalui nutrisi terbaik di masa periode emas anak. Nutrisi terbaik akan mendukung kemampuan belajar setiap anak dalam mencapai sukses sekarang maupun di masa yang akan datang.

Berkat kombinasi poin emas dan dukungan nutrisi terbaik tersebut, kini setiap orangtua bisa memiliki kesempatan yang sama untuk mendukung buah hatinya menjadi yang terbaik. Semoga berhasil, Ladies!

(vem/it/ayu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading