Sukses

Lifestyle

Contoh Hantaran Seserahan Pernikahan Suku Dani

Ladies, nama negara New Guinea pasti tidak terdengar asing di telinga Anda, bukan? Meskipun bertetangga langsung dengan Negara kita, ternyata suku Dani di New Guinea punya konsep dan contoh hantaran seserahan pernikahan yang lumayan berbeda dengan tradisi kita, lho.

Biasanya, seserahan yang diberikan menjelang pernikahan ini menyimbolkan kemampuan mempelai pria menghidupi calon istrinya. Namun, pada suku Dani, seserahan ini merupakan lambang dari harga yang harus dibayarkan calon mempelai laki-laki kepada keluarga calon mempelai perempuan.

Dijelaskan oleh umanitoba.ca, dalam tradisi ini pihak laki-laki harus membayarkan sejumlah kompensasi kepada keluarga mempelai perempuan sebagai pengganti dari waktu dan biaya yang telah dikeluarkan untuk membesarkan anak perempuan mereka ini. Selain itu, seserahan ini juga dimaksudkan sebagai pengganti “nilai ekonomis” sang perempuan.

Maksudnya nih Ladies, dengan berpindahnya sang perempuan ke keluarga mempelai laki-laki, otomatis sang perempuan tersebut tidak bisa lagi bekerja di ladang keluarganya atau memberikan penghasilannya pada orangtuanya. Dengan kata lain, mengurangi pemasukan keluarga.

Untuk itu, barang yang diberikan untuk seserahan ini haruslah sesuatu yang sangat berharga atau memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Biasanya, barang yang diberikan bisa laku di pasaran dengan harga yang lumayan dan merupakan sesuatu yang spesial. Contohnya adalah babi, kerang, atau batu mulia.

Tidak jarang, keluarga mempelai laki-laki juga menyertakan sejumlah uang dengan nilai nominal yang cukup besar. Hmm, bagi Anda mungkin hal ini terdengar sangat patriarchal ya, Ladies. Namun toh, ini merupakan tradisi yang patut kita hormati.

Oleh: Adienda Dewi Saraswati

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading