Sukses

Lifestyle

Contoh Hantaran Seserahan Pernikahan China

Negara-negara di kawasan Asia sepertinya memang akrab dengan tradisi seserahan ya, Ladies. Ternyata, batasan geografis tak menghalangi Indonesia dan China untuk mengalami ritual sebelum pernikahan yang serupa. Kira-kira seperti apa ya contoh hantaran seserahan pernikahan para pengantin China? Ada yang berbeda dengan seserahan kita nggak, ya?

Menurut goldenhappiness.com, seserahan yang dipersiapkan oleh mempelai pria sebelumnya harus mendapat persetujuan, baik dari keluarganya sendiri maupun dari keluarga sang mempelai wanita. Kemudian, uniknya lagi nih Ladies, pada tradisi seserahan ini, pihak mempelai wanita pun harus “mengembalikan” beberapa barang seserahan tersebut kepada pihak mempelai pria, ditambah dengan beberapa kado tambahan.

Selain itu, barang-barang seserahan seserahan tersebut juga sangat bergantung dari asal sang mempelai pria. Misalnya saja, isi hantaran seserahan mempelai pria yang berasal dari suku Kanton akan berbeda dengan pria Hokkian. Perbedaan ini juga nampak pada jumlah item suatu barang dalam seserahan, seperti jumlah buah-buahan.

Namun tetap saja, secara garis besar ada beberapa item yang pasti ditemukan dalam seserahan setiap suku. Barang-barang khas tersebut adalah buah-buahan, daging, kacang-kacangan, dan lilin berukir naga dan burung phoenix.

Buah-buahan yang pasti masuk dalam list hantaran seserahan setiap suku di China adalah jeruk dan apel, meskipun jumlahnya bisa berbeda-beda tiap suku. Kemudian, daging yang dipilih biasanya berupa daging ayam dan daging babi. Selain itu, rata-rata, perhiasan emas juga ikut disertakan dalam seserahan ini.

Keseluruhan isi hantaran ini menyimbolkan kemakmuran dan keberuntungan bagi kedua mempelai yang akan segera membina rumah tangga. Maka tidak heran nih Ladies, hantaran seserahan masyarakat China banyak berisikan hasil alam dan perhiasan.

Oleh: Adienda Dewi Saraswati

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading