Sukses

Lifestyle

Contoh Hantaran Seserahan Pernikahan Ala Vietnam

Dimana-mana, ritual pernikahan sepertinya memang masih penuh dengan berbagai tata-cara ya, Ladies. Di Vietnam pun, momen ketika pihak mempelai pria meminang mempelai wanita juga dirayakan dengan pemberian berbagai barang simbolis, seperti halnya di Indonesia. Nah, bagaimana sih contoh hantaran seserahan pernikahan para pengantin Vietnam ini?

Dilangsir dari wikipedia.com, tradisi penyerahan seserahan ini akan dilakukan beberapa hari sebelum pesta pernikahan. Pada hari itu, orangtua dan kerabat dekat pihak mempelai laki-laki akan berkumpul dan bersama-sama berjalan menuju rumah mempelai wanita membawa setumpuk hadiah seserahan.

Hantaran yang diberikan dalam kunjungan tersebut biasanya berisikan daun-daun serta biji-bijian buah pinang, buah-buahan, wine, cake, teh, dan bahan-bahan rumah tangga lainnya. Nah, hantaran ini diletakkan dalam beberapa keranjang yang kemudian ditutup dengan kain merah, dan dibawa oleh para kerabat mempelai laki-laki yang belum menikah.

Disinilah letak keunikan seserahan ini, Ladies. Daun dan kacang dari biji buah pinang dianggap sangat penting dalam kehidupan masyarakat Vietnam. Bahan alam yang satu ini berkhasiat menghangatkan tubuh pada hari-hari yang dingin, sehingga diharapkan biji-bijian ini juga dapat mendatangkan kehangatan dalam rumah tangga sang calon pengantin.

Selain itu, mengunyah kacang buah pinang juga bisa membuat gigi seseorang berubah kehitaman, lho. Dimana pada masyarakat Vietnam, gigi yang berwarna kehitaman adalah salah satu standar kecantikan!

Jadi, semakin banyak sang mempelai mengunyah kacang hantaran, maka semakin cantik ia di mata suaminya. Menarik ya, Ladies!

Oleh: Adienda Dewi Saraswati

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading