Sukses

Parenting

Kanker Payudara dan Efek Samping KB

Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh seorang wanita. Menghindari kemungkinan dari kanker yang satu ini menyerang bisa dilakukan semenjak anda masih muda lho, Moms. Tapi, tahukah anda bahwa salah satu efek samping KB yang dilakukan selama waktu yang lama adalah mengalami kanker payudara?

Hmm, menakutkan ya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang melakukan program KB dalam waktu lama, termasuk mengkonsumsi obat-obatan semisal pil KB, sangat rentan terhadap serangan kanker payudara lho, Moms.

Kenapa bisa begitu ya? Hal ini dimungkinkan terjadi karena obat KB mempengaruhi produksi dari hormon dalam tubuh anda, termasuk hormon yang sangat besar pengaruhnya dalam menyebabkan kanker payudara terutama pada wanita yang usianya sudah menginjak menopause.

Kemungkinan hal ini terjadi pada waktu yang lama sangat besar lho, Moms. Kenapa? Hal ini karena daerah di sekitar payudara adalah daerah yang paling banyak memproduksi hormon untuk seorang wanita, terutama estrogen.

Sedikit saja perubahan yang dialami oleh tubuh yang berhubungan dengan hormon, payudara yang peka akan segera mengetahuinya. Bayangkan apabila hal ini terjadi dalam periode yang cukup lama ya, Moms

Maka dari itu, apabila anda menemukan tanda-tanda dari kanker payudara selama anda mengkonsumsi obat-obat KB segera hentikan pemakaiannya dan lakukan pemeriksaan menyeluruh untuk kanker payudara sebelum terlambat dan penyakit itu menyerang anda

Oleh : Mamor Adi P.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading