Sukses

Lifestyle

Kuliner Unik: Es Krim Kulit Pisang Karya Dosen Universitas Surabaya

Semakin berkembangnya teknologi membuat banyak hal yang unik pun ditemukan. Salah satunya adalah kuliner yang satu ini Ladies. Dosen Program Kekhususan Bionutrisi dan Inovasi Pangan Universitas Surabaya (Ubaya), Ardhia Dewi, berhasil melakukan percobaan mengolah kulit pisang menjadi es krim.

"Es krim dari bahan baku kulit pisang yang kaya serat itu dinamakan Banana Peel Roll Pan Ice Cream With Kombucha Pearl", katanya di kampus Universitas Surabaya.

Es krim ini disebut kaya akan serat. Selain itu es krim ini juga bisa membantu membersihkan saluran pencernaan, melarutkan kolesterol dalam tubuh, dan juga memperkuat bakteri baik dalam tubuh.

"Tidak semua kulit pisang yang bisa diolah. Hanya yang beraroma harum seperti pisang raja. Cara pembuatan es krim kulit pisang sangat mudah. Pertama-tama pisahkan kulit pisang dari buahnya dan potong-potong seukuran dadu," katanya.

Setelah itu kulit pisangĀ  yang sudah dipotong direndam ke dalam air yang sudah dicampuri dengan asam askorbat selama lima menit. Asam askorbat ini berguna untuk mengurangi pencokelatan atau browning pada kulit pisang. Lalu kulit dikukus lima menit kemudian tiriskan dan keringkan kulit pisang. Proses pengeringan bisa menggunakan oven dengan temperatur 50 derajat Celcius selama 24 jam.

Pengeringan ternyata juga bisa dilakukan secara alami dengan menjemur kulit di bawah sinar Matahari. Namun perlu memperhatikan aspek kebersihan dan kestabilan temperaturnya. Setelah kering, kulit pisang di-blender sampai halus kemudian diayak. Tepung kulit pisang inilah kemudian dicampur dengan adonan es krim kemudian diaduk sambil dipanaskan dengan temperatur 60-80 derajat Celcius. Barulah es krim dibuat di atas roll pan.

"Es krim kulit pisang bisa dilengkapi dengan lapisan penutup kombucha pearl yang merupakan fermentasi menggunakan scoby dan melalui proses inkubasi selama delapan-12 hari," katanya.

Nah, tertarik untuk mencicipi es krim sehat ini nggak sih Ladies?

(AntaraNews/Indra Setiawan)

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading