Sukses

Beauty

5 Gejala Keguguran yang Tidak Boleh Diabaikan Wanita

Tidak ada wanita yang ingin keguguran ketika ia sangat mengharapkan bisa hamil dan melahirkan anak. Hal ini pun seringkali bukan jadi topik yang bisa dibahas secara terbuka oleh banyak wanita, apalagi yang pernah mengalaminya, karena dirasa tidak sopan.

Padahal penting sekali mengetahui apa yang menjadi penyebab keguguran dan apa saja tanda atau gejala keguguran sehingga bisa diantisipasi banyak wanita. Menurut Mayo Clinic, antara 10 sampai 20 persen, keguguran terjadi kebanyakan pada usia kandungan 12 minggu. Ini beberapa gejala keguguran yang tidak boleh diabaikan selama tiga bulan kandungan.

1. Kram dan sakit perut
Kram dan nyeri di bagian bawah perut wajar terjadi apalagi ketika menstruasi, tapi ini jadi tanda bahaya jika kamu sedang hamil. Beberapa rasa nyeri atau kram ringan dianggap normal, namun jika sudah terasa melilit berlebihan, segera periksakan ke dokter.

2. Keluar flek atau cairan dari organ intim berwarna pink
Jangan abaikan flek merah mudah di celana dalam, atau keluarnya cairan mencurigakan dari vagina. Tanyakan pada dokter dan jelaskan bagaimana kamu bisa mengalaminya sehingga bisa mencegah keguguran.

3. Keluarnya darah
Keluarnya darah di saat seharusnya kamu tidak menstruasi, dan sedang hamil, jadi sinyal bahaya. Terkadang keluarnya darah ini tidak dirasakan apa-apa namun ini tanda keguguran yang paling umum. Bisa jadi karena terlalu lelah dan banyak kegiatan.

4. Nyeri punggung bagian bawah
Punggung bawah yang terasa sakit dan nyeri selama hamil juga jadi tanda umum, tapi sering tak disadari banyak wanita. Entah itu nyeri yang sederhana atau bahkan parah, periksakan segera.

5. Tidak mengalami gejala hamil
Kmau tidak merasakan morning sickness seperti mual, muntah, nafsu makan kacau, pening atau payudara yang tidak mengeras selama hamil. Kamu merasa tubuhmu normal dan tidak sedang merasakan apa-apa. Periksakan, bisa jadi ini adalah tanda bahaya, bisa juga tidak.

Itu dia sekian gejala keguguran yang harus diketahui setiap wanita, baik yang sedang hamil, ingin hamil maupun yang belum pernah hamil. Dengan begini, kamu tahu kapan harus memeriksakan diri ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading