Sukses

Beauty

Spirulina, Super Food Yang Punya Manfaat Hebat Untuk Kesehatan

Familiar dengan kata superfood? Yup, istilah ini merujuk pada nutrisi yang terkandung di dalam bahan-bahan makanan yang memberikan manfaat penting buat kesehatan tubuh. Salah satu yang lagi ngehits adalah spirulina atau ganggang hijau berwarna biru yang tumbuh di air tawar dan air asin.

Sudah digunakan oleh suku Aztec yang tinggal di Meksiko selama berabad-abad lamanya, kini spirulina diolah menjadi suplemen, Masker Spirulina, hingga minuman kesehatan yang dipercaya punya khasiat hebat. Apa saja, ya?

Tinggi Nutrisi

Tidak salah jika spirulina masuk dalam jajaran superfood karena merupakan salah satu makanan padat nutrisi di bumi. Bahkan namanya kian populer setelah NASA menyebut alga biru-hijau ini dapat dikembangkan di ruang angkasa untuk digunakan oleh astronot.

Dalam 7 gram bubuk spirulina kering mengandung protein yang setara dengan telur, asam lemak omega 6 dan 3, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, besi, dan mineral lainnya. That’s why banyak peneliti yang menyebutnya sebagai satu-satunya makanan paling bergizi.

Sumber Antioksidan

Spirulina juga digadang-gadang sebagai sumber antioksidan yang luar biasa, berkat komponen aktif yang disebut phycocyanin. Zat antioksidan ini yang memberi spirulina warna biru kehijauan yang unik.

Konsumsi spirulina dapat melindungi kerusakan oksidatif yang dapat merusak sel, mulai dari kanker hingga masalah kulit seperti keriput, kusam, dan tanda penuaan lainnya. Ketimbang mengandalkan Masker Wajah Murah untuk mendapatkan kulit yang lebih muda dan glowing, tidak ada salahnya memanfaatkan masker wajah berbahan spirulina.

Menurunkan Kadar LDl dan Trigliserida

Banyak superfood yang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL, salah satunya spirulina. Di dalamnya terdapat zat C-phycocyanin yang dapat mencerna lemak dan meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik. Dilansir dari situs Healthline, konsumsi spirulina satu gram per hari secara rutin dapat menurunkan kadar trigliserida sebesar 16,3 persen dan LDL sebesar 10,1 persen.

Membantu Mengendalikan Gula Darah

Manfaat lain dari spirulina yang sayang dilewatkan adalah membantu mengontrol kadar gula darah. Khususnya bagi penderita diabetes, menjaga kadar gula darah dalam batas normal merupakan tugas yang sulit. Namun penelitian terbaru mulai membawa angin segar, berkat kandungan serat dan asam linoleat gamma dalam spirulina yang mampu menurunkan kadar gula darah.

Efektif Mencegah Anemia

Ada berbagai jenis anemia, tapi yang paling umum ditandai oleh penurunan hemoglobin atau sel darah merah dalam darah. Anemia dapat menyerang semua umur, terutama pada orang tua yang memicu lemas dan lelah berkepanjangan. Tapi kondisi ini dapat dicegah dengan konsumsi suplemen spirulina yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin dan memperbaiki fungsi kekebalan tubuh.

Sadari pentingnya kesehatan, #MulaiAjaDulu dari Tokopedia. Dapatkan berbagai produk kesehatan lewat Jual Beli Online yang memberikan pengalaman berbelanja yang aman, nyaman, dan menyenangkan. Yuk, jaga kesehatanmu sejak dini!

(adv/wri)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading