Sukses

Parenting

Payudara Terasa Penuh Saat Masa Menyusui, Ini Cara Mengatasinya

Setelah melahirkan, biasanya payudara ibu akan terasa penuh dalam upaya menyiapkan ASI untuk sang buah hati. Umumnya terjadi 3-5 hari setelah melahirkan. Payudara mungkin akan merasakan sensasi panas, keras, dan penuh. Tapi umumnya kondisi ini masih terbilang lumrah dan suplai ASI pun masih normal.

Untuk mengatasi payudara yang terasa penuh saat menyususi, ada beberapa cara yang bisa dicoba. Demi kenyamanan ibu dan si kecil, mengikuti tips-tips ini akan sangat membantu.

1. Susui bayi sesering mungkin sesuai kebutuhan
Pemberian ASI secara rutin bisa mencegah terjadinya pembengkakan pada payudara ibu. Awalnya mungkin akan terasa menyakitkan saat menyusui, tapi setelah beberapa saat kondisinya akan membaik.

2. Berikan ASI dengan satu payudara pada satu masa menyusui
Usahakan untuk menyusui dengan satu payudara pada satu masa menyusui. Jadi tidak langsung berganti-ganti payudara dalam satu waktu. Dengan cara ini, suplai ASI bisa lebih lancar dan ibu bisa lebih mudah mengontrol jumlah ASI yang diterima si kecil.

3. Kompres payudara dengan kain hangat
Sebelum menyusui, ibu bisa mengompres payudara dengan kain yang sudah dicelupkan ke air hangat. Dengan cara ini, ibu bisa merasa lebih rileks dan ASI bisa lebih lancar.

4. Kompres payudara dengan kain dingin
Kita bisa menyiapkan es batu yang dibalut selembar handuk bersih. Lalu gunakan kain dingin ini untuk mengompres area payudara yang terasa bengkak. Lakukan di antara waktu menyusui.

5. Gunakan bra khusus menyusui
Pastikan bra yang digunakan benar-benar nyaman dan pas dengan ukuran payudara selama masa menyusui. Bra yang terlalu ketat hanya akan menambah rasa sakit dan nyeri pada payudara.

Selama asupan ASI lancar dan si kecil mendapatkan semua kebutuhan nutrisinya dengan baik, moms tidak perlu panik berlebihan. Semoga info dan tipsnya bisa membantu moms sekalian ya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading