Sharing yuk Sist
  1. VEMALE.COM
  2. HOME
  3. KESEHATAN
Kesehatan
9 Makanan Sehat yang Bisa Bantu Penuhi Nutrisi Pencernaan Anak
1 JawabanLast post: 22 Apr 2019

Sudahkah Bunda penuhi kebutuhan nutrisi pencernaan anak hari ini? Selain nutrisi tulang dan otak, si kecil juga memerlukan nutrisi untuk sistem pencernaannya. Di mana nutrisi ini bisa ia dapatkan dari menu makanan yang Bunda hidangkan.


Makanan merupakan sumber nutrisi utama yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka tidak heran jika makanan menjadi hal terpenting yang harus selalu diperhatikan. Terutama bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan untuk mengoptimalkan perkembangannya. Karena itulah Bunda harus pintar memilih makanan sehat yang kaya nutrisi.


Makanan Bernutrisi yang Baik Untuk Pencernaan Anak


Tubuh si kecil akan terus membutuhkan nutrisi agar dapat berfungsi optimal termasuk untuk sistem pencernaanya. Oleh sebab itu, Bunda perlu memberinya makanan sehat yang banyak mengandung nutrisi baik bagi pencernaan. Beberapa jenis makanan yang bisa Bunda berikan tersebut antara lain meliputi:




  1. Buah-Buahan




Beragam jenis buah-buahan bisa Bunda berikan, terutama buah apel, pir, pisang, pepaya dan alpukat. Karena rasa buah yang cenderung tidak terlalu manis dan bertekstur tidak keras, Bunda bisa menggunakan buah-buahan sebagai sumber nutrisi pencernaan balita. Buah-buahan sendiri, kaya akan serat dan vitamin sehingga dapat mendukung pencernaan si kecil lebih sehat.




  1. Oat




Oatmeal bisa Bunda berikan sebagai menu sarapan si kecil di pagi hari sebelum ia berangkat sekolah. Selain memiliki rasa yang enak, oatmeal juga tinggi serat yang baik untuk pencernaan dan membuat perut si kecil kenyang lebih lama. Jika anak bosan dengan bubur oat, Bunda bisa menggunakannya sebagai bahan baku kue kering untuk camilan sehat si kecil.




  1. Jahe




Rempah yang satu ini biasa diandalkan sebagai minuman untuk menghangatkan tubuh. Atau juga sebagai rempah yang berkhasiat meredakan mual dan sakit perut serta melancarkan buang air besar. Hal ini karena kandungan jahe dapat menutrisi pencernaan sehingga mampu bekerja lebih lancar. Jika wedang jahe dirasa terlalu pedas untuk si kecil, Bunda bisa menambahkan sedikit bubuk jahe kering pada minuman yang anak sukai.




  1. Sayuran Hijau




Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kubis dan sayuran lainnya kaya akan serat yang merupakan nutrisi pencernaan anak yang sangat penting. Serat berguna untuk melancarkan saluran cerna sehingga dapat mencegah sembelit dan diare. Karena si kecil cenderung enggan mengonsumsi sayur, Bunda bisa mengakalinya dengan mencampur beberapa sayuran pada menu favorit anak.




  1. Ikan Salmon




Salmon merupakan salah satu sumber asam lemak omega 3 terbaik yang dapat menyehatkan pencernaan. Hal ini karena kandungan dalam ikan salmon tersebut akan mengurangi peradangan di saluran cerna sehingga membuat kinerja organ dalam sistem pencernaan anak menjadi meningkat.




  1. Asparagus




Asparagus atau yang lebih dikenal dengan rebung memiliki kandungan prebiotik yang tinggi. Prebiotik sendiri mengandung serat dalam jumlah lebih banyak hingga dua kali lipat. Karena rasanya yang hambar dan sedikit asam, si kecil mungkin tidak akan tidak terlalu suka mengonsumsinya. Akan tetapi, asparagus bisa mudah diolah menjadi berbagai menu makanan yang anak sukai.




  1. Yogurt




Yogurt telah dikenal sebagai sumber prebiotik yang baik dan banyak disukai oleh anak-anak. Probiotik dalam yogurt dapat menekan jumlah bakteri jahat dan melancarkan pencernaan. Dengan teksturnya yang lembut, Bunda bisa memilih yogurt untuk melengkapi nutrisi pencernaan balita.




  1. Kacang-Kacangan




Jenis kacang-kacangan meliputi kacang merah, kacang hijau, kacang almond dan lainnya merupakan sumber makanan tinggi serat. Untuk mengolahnya menjadi terlihat menarik, Bunda bisa menambahkan kacang merah dalam berbagai jenis masakan, membuat bubur atau kue kacang hijau, serta menyiapkan kacang almond dan kacang-kacangan lain sebagai camilan.




  1. Beras Merah




Kandungan serat yang terdapat pada beras merah lebih tinggi jika dibandingkan beras putih. Jadi tidak ada salahnya Bunda mengganti nasi si kecil dengan nasi merah. Bunda bisa mengkreasikannya menjadi nasi goreng, nasi uduk, nasi gurih, atau nasi bakar yang rasanya juga tidak kalah lezat dari nasi putih.


Makanan yang Bisa Menganggu Kesehatan Pencernaan Anak


Pada dasarnya, makanan apapun mengandung nutrisi yang baik bagi pencernaan. Akan tetapi ada beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan jika dikonsumsi secara berlebihan. Oleh karena itu konsumsinya perlu dibatasi, makanan-makanan tersebut antara lain yaitu:




  1. Gorengan




Makanan yang satu ini memang menjadi kegemaran si kecil. Namun Bunda perlu membatasi konsumsinya karena gorengan termasuk makanan tinggi lemak yang dapat mengakibatkan diare. Makanan sejenis yang lainnya seperti daging, saus, mentega dan makanan bersantan juga harus dibatasi.




  1. Buah Citrus




Buah golongan citrus memang bisa menjadi sumber nutrisi organ pencernaan anak karena kaya akan serat. Tapi untuk sebagian anak, buah ini dapat menyebabkan perut tidak nyaman. Karena itulah, jangan terlalu banyak memberi si kecil buah golongan citrus seperti jeruk, jeruk nipis dan anggur.




  1. Es Krim




Meski memiliki rasa manis dingin yang sangat disukai anak-anak, tapi sebaiknya jangan terlalu sering memberi si kecil es krim. Hal ini karena lemak pada es krim sulit dicerna oleh tubuh sehingga memaksa pencernaan bekerja lebih keras. Akibatnya refluks asam pada pencernaan dapat terjadi.




  1. Makanan Pedas




Beberapa anak mungkin memiliki pencernaan yang sensitif sehingga mudah mengalami nyeri saat makan makanan pedas. Hal ini karena zat capsaicin yang terkandung dalam cabai dapat memicu nyeri di ulu hati.




  1. Makanan Manis




Anak-anak cenderung tidak bisa lepas dari makanan manis seperti permen, kue, jus buah dan minuman soda. Namun makanan seperti ini cenderung dimaniskan dengan penambahan fruktosa yang sulit dicerna oleh tubuh. Sehingga dapat mengakibatkan anak mengalami gangguan pencernaan.


 


Memenuhi nutrisi pencernaan anak dengan konsumsi makanan sehat memang dapat membantu menyehatkan pencernaan. Namun selain itu, mencukupi kebutuhan cairan anak dan memastikannya tetap aktif bergerak juga penting untuk Bunda lakukan agar pencernaanya tetap sehat.

1 Jawaban