Sukses

Parenting

Penyebab Kehamilan Sungsang (Part 2)

Pada artikel sebelumnya Bunda sudah diajak membahas beberapa penyebab kehamilan sungsang. Namun, masih ada beberapa faktor lainnya yang sering dikaitkan sebagai penyebab kehamilan sungsang yang belum sempat terbahas.

Berikut beberapa faktor yang membuat posisi kepala bayi tidak turun saat akan dilahirkan, atau yang biasa disebut dengan posisi sungsang, yang disalir dari laman webmd.com:

- Ruang Panggul yang Sempit

Ruang panggul yang sempit dapat membut bayi dalam kandungan merubah posisinya menjadi sungsang. Jadi bersyukurlah Bunda jika memiliki ruang panggul yang cukup besar.

- Rahim yang Elastis

Biasanya otot-otot rahim menjadi lebih elastis jika Bunda telah melahirkan beberapa kali. Berkurangnya keelastisan otot rahim ini banyak dikaitkan dengan posisi bayi yang sungsang. Bayi akan terlalu mudah berputar sehingga saat hendak dilahirkan posisi kepalanya belum berada di bawah.

- Kalainan Pada Rahim

Ada beberapa kelainan rahim, salah satunya adalah bentuk rahim yang besar di bagian atas. Kelainan rahim tersebut terkadang membuat bayi berada dalam posisi sungsang ketika akan dilahirkan.

- Kelain Pada Bayi

Jika bayi dalam kandungan mengalami permasalahan seperti permasalahan pada jantung, masalah pencernaan, atau mengalami kelainan pada genetiknya seperti mengalami sindrom down, anencephaly, atau hydrocephalus, bayi cenderung mengubah posisinya menjadi sungsang ketika hendak dilahirkan.

Itulah beberapa hal yang sering dikaitkan dengan posisi bayi yang sungsang ketika akan dilahirkan. Memasuki trimester ketiga Bunda harus rajin memeriksakan kehamilan. Jadi, jika ternyata Bunda mengalami kehamilan sungsang dokter segera memberikan penanganan.

Oleh: Ratna K.D

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading