Sukses

Parenting

Kursus Senam Nifas di Rumah Sakit Hermina

Senam nifas ini memang sedikit kalah populer dari senam hamil atau senam persiapan melahirkan. Padahal, senam nifas ini memiliki manfaat yang sangat banyak, contohnya saja untuk memperlancar keluarnya ASI. Salah satu Rumah Sakit yang memeberikan pelayanan kursus senam nifas adalah Rumah Sakit Hermina.

Menurut laman bidanku.com, senam nifas biasanya dimulai enam jam setelah melahirkan dengan pelaksanaan yang bertahap dan berkelanjutan. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari senam nifas ini seperti:

- mengembalikan kekuatan otot perut pasca melahirkan

- meningkatkan energi

- menghilangkan stres dan mencegah terjadinya depresi.

- membuat kondisi mood menjadi lebih baik

Menurut laman mayoclinic.com, senam nifas dapat memberikan dampak positif pada produksi ASI. Namun, Bunda disarankan untuk tidak menyusui buah hati setelah melakukan senam, karena beberapa penelitian menujukkan bahwa menyusui setelah melakukan senam akan membuat ASI menjadi sedikit terasa asam.

Untuk menghindari hal tersebut Bunda bisa menyusui buah hati sebelum Bunda melakukan senam nifas ini. Bunda juga bisa memompa ASI sebagai persiapan. Setelah melakukan senm nifas, tunggulah beberapa saat sampai tubuh menjadi normal kembali.

Situs resmi Rumah Sakit Hermina, herminahospitalgroup.com, membagi senam nifas menjadi dua. Yang pertama adalah senam nifas pada masa nifas, senam ini dilakukan 6 jam setelah melahirkan (jika Bunda melahirkan normal), dan 24 jam setelah melahirkan (jika Bunda melahirkan melalui operasi Caesar). Yang kedua adalah senam nifas setelah masa nifas yang dilakukan setelah 40 hari masa melahirkan.

Oleh: Ratna K.D

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading