Sukses

Parenting

Tips Mengatasi Rasa Takut Anak Saat Pertama Kali Masuk PAUD

Sekolah merupakan salah satu kegiatan yang wajib dan penting dimiliki oleh seorang anak. Di sekolah, anak bisa belajar mengenai teman baru, lingkungan baru dan mendapatkan pengetahuan baru. Mengingat begitu pentingnya sekolah, sejak usia dini anak sangat perlu diperkenalkan dengan sekolah. Dan ketika masih di usia dini, sekolah pertama untuk anak adalah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).

Ketika pertama masuk PAUD, tidak jarang anak-anak akan merasa takut, cemas dan khawatir. Dan karena rasa takut inilah, tidak sedikit pula anak-anak yang menangis dan rewel serta meminta ibu untuk menemaninya di kelas. Agar tidak terjadi hal seperti ini pada buah hati Anda, sebagai seorang orang tua Anda sangat perlu mengantisipasi hal ini.

Kali ini, Vemale akan memberikan beberapa tips mengatasi rasa takut anak saat pertama kali masuk PAUD. Berikut tipsnya dan pastikan untuk menyimak baik-baik ya.

    Ceritakan Pada Anak Seputar Sekolah

    Usahakan dan pastikan untuk menceritakan kehidupan menyenangkan seputar sekolah kepada buah hati. Ajak ia melakukan perbincangan mengenai sekolah PAUD, TK dan sekolah lainnya. Ketika buah hati telah mengetahui gambaran tentang sekolah, perlahan ia akan memahami mengenai kehidupan sekolah dan ia pun tidak terlalu takut untuk masuk sekolah pertama kali.

    Ajak Buah Hati Survei Sekolah

    Selanjutnya yang bisa Anda lakukan agar anak tidak takut sekolah adalah dengan mengajak anak survei tentang sekolahnya (PAUD). Ajak anak jalan-jalan menelusuri rute perjalanan menuju sekolah. Tunjukkan pula pada anak beberapa tempat menarik selama di perjalanan menuju sekolah.

    Perkenalkan Guru Dan Teman Sekolah Anak

    Agar anak tidak takut untuk masuk sekolah pertama kali, cobalah untuk menunjukkan guru dan beberapa teman yang dikenal buah hati. Jika pun belum ada guru atau teman yang dikenal, tidak ada salahnya Anda memperkenalkan buah hati dengan orang-orang yang akan ia temui di sekolahnya nanti. Yakinkan buah hati bahwa orang-orang yang ada di sekolah adalah orang yang baik.

    Ajak Buah Hati Membeli Peralatan Sekolahnya

    Usahakan untuk meluangkan waktu khusus dengan buah hati untuk berbelanja kebutuhan sekolahnya. Ajak anak memilih peralatan sekolah yang ia suka dan pastinya tidak berbahaya baginya. Memilih peralatan sekolah akan membuat anakĀ  bahagia, senang serta tidak sabar untuk cepat-cepat bisa bersekolah.

    Biasakan Buah Hati Bangun Pagi

    Biasakan buah hati Anda untuk selalu bangun pagi. Datang ke sekolah di waktu awal akan membuat perasaan anak semakin tenang dan siap untuk sekolah di hari pertama. Dengan datang di waktu awal, anak juga bisa mengamati lingkungan sekolah dan teman-teman barunya lebih baik.

    Yakinkan Buah Hati Untuk Menjaga Sopan Santun

    Ketika buah hati memiliki sopan santun yang baik, bisa dipastikan ia akan disayang dan disukai teman-temannya. Selain sopan santun, ajarkan anak untuk ramah terhadap teman-teman maupun guru barunya. Dengan sopan santun dan keramahan yang dimiliki buah hati, ia akan disukai banyak orang hingga membuat rasa percaya dirinya bertambah ketika masuk sekolah PAUD untuk pertama kali.

Bunda, itulah beberapa hal yang perlu dilakukan orang tua agar buah hati tidak takut untuk masuk sekolah PAUD pertama kalinya. Cara ini juga bisa membuat orang tua makin dekat dengan buah hati. Semoga informasi ini bermanfaat. Bunda, selalu semangat untuk memberikan yang terbaik bagi putra putri Anda ya?

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading