Sukses

Beauty

5 Fakta Tentang Ketombe yang Belum Kamu Ketahui

Ladies, pasti kamu sering merasa kesal saat rambutmu mulai terkena ketombe. Pasalnya ketombe seringkali dialami saat cuaca terasa panas sehingga rambut bisa menjadi lebih berminyak. Perlu kamu tahu kalau ketombe bisa disebabkan karena kamu tinggal di daerah tropis seperti Indonesia.

Mungkin kamu sudah melakukan berbagai cara untuk menghilangkannya mulai dari bahan alami hingga produk perawatan rambut. Jika ketombemu tak kunjung hilang, maka harus kamu ketahui fakta berikut ini. Pastinya tidak hanya dari faktor luar saja yang bisa memicu munculnya ketombe, namun juga dalam dirimu sendiri.

1. Sampo yang Digunakan

Pemilihan sampo yang tidak tepat dapat menjadi salah satu pemicu timbulnya ketombe. Oleh karena itu, kamu perlu sampo dengan formula yang tepat untuk membersihkan dan merawat kulit kepala sehingga bebas dari ketombe dan minyak berlebih. Karena salah satu penyebab munculnya ketombe karena kulit kepala yang kurang bersih.

Gunakan HEAD & SHOULDERS Shampoo Cool Menthol Anti Dandruff dengan Formula Tiga Aksi Baru yang membantu membersihkan ketombe darimu, melindungi, dan melembapkan kulit kepala dari pertama kali keramas. Dengan HEAD & SHOULDERS, shampo Anti Ketombe no. 1 di dunia yuk miliki rambut indah dan bebas ketombe sekarang juga. Dengan pemakaian yang teratur, formula di dalam sampo ini juga mampu membantu menghilangkan ketombe dan minyak berlebih dari kulit kepala lebih baik dari shampo anti-ketombe terkemuka lainnya.

2. Ketombe bisa disebabkan oleh catokan

Tahukah kamu kalau penggunaan hairdyers dan catokan bisa membuat kulit kepala menjadi kering? Well, peralatan stylish rambut memang bisa mengambil minyak alami rambut dan membuatnya menjadi kering. Hal inilah yang bisa memicu rasa gatal dan ketombe. Jadi usahakan untuk tidak sering memakai peralatan stylish rambut.

3. Usiamu juga bisa mempengaruhi munculnya ketombe

Umur, jenis kelamin, dan jenis kulit juga bisa menyebabkan ketombe. Hormon yang ada di dalam tubuh seperti saat pubertas atau hamil juga bisa memicu munculnya ketombe pada rambut.

4. Ketombe juga bisa memicu rambut rontok

Saat merasa gatal, kamu pastinya akan selalu menggaruk kulit kepala yang kering sehingga bisa memicu kerontokan. Disarankan kamu memilih shampoo yang memiliki kandungan seperti rosemary dan tea tree oil.

5. Dietmu juga bisa menjadi alasan

Makanan yang punya lemak tinggi akan bisa memicu kelenjar sebaceous untuk menghasilkan minyak berlebih dan memperparah ketombe. Diet memang menghindari lemak, namun kamu juga harus tetap melengkapi gizi seimbang dengan lemak sehat seperti mengonsumsi alpukat, kacang, dan biji zaitun untuk mengatasi ketombe.

6. Selalu sempatkan keramas

Ketombe bisa menyebabkan kulit kepala menjadi gatal dan bau tak sedap. Dilansir dari Be Beautiful, sebaiknya sempatkan untuk keramas selama 4 kali dalam seminggu.

Nah, itulah fakta yang harus kamu ketahui untuk bisa mengatasi rambut yang berketombe. Setelah mengetahuinya kamu jadi lebih tahu dan bisa merawat rambutmu agar terbebas dari masalah rambut lainnya. Semoga bermanfaat.

(vem/mgg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading