Sukses

Beauty

Yuk, Biasakan Melakukan 10 Cara Pencegahan Ketombe!

Rambut yang indah dan lebat akan memberi nilai plus pada penampilan. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk lebih memperhatikan kesehatan rambut dan kulit kepala agar terhindar dari beberapa masalah. Misalnya saja masalah rambut berketombe yang kerap menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala. Salah satu cara untuk mencegah ketombe adalah dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan pencegahan ketombe berikut ini.

1. Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Salah satu cara yang dapat mencegah rambut berketombe adalah berjemur di bawah sinar matahari. Hal tersebut juga dapat berlaku bagi penderita eksim mau pun psoriasis yang juga menjadi penyebab ketombe. Agar kulit kepala tetap sehat, cukup habiskan beberapa menit saja. Terlalu lama berjemur di bawah matahari juga berisiko merusak kesehatan rambut karena paparan sinar UV.

Baca juga: 5 Tips Melindungi Rambut Dari Bahaya Sinar Matahari

2. Perhatikan Jenis Sampo Anti Ketombe

Menghabiskan beberapa menit di bawah terik matahari memang menjadi salah satu cara mencegah ketombe. Namun, perhatikan pula keamanan rambut dan kulit kepala. Pastikan jika produk perawatan rambut yang sedang digunakan dapat melindungi kepala dari sinar UV. Hal ini dikarenakan sebagian jenis shampo anti ketombe menjadikan rambut lebih sensitif terhadap sinar UV. Misalnya saja shampo yang mengandung coal tar.

3. Memasang Humidifier

Penyebab ketombe juga bisa berasal dari udara yang kering. Hal tersebut mempengaruhi kelembapan sel kulit kepala menjadi lebih berisiko terserang rambut berketombe. Maka dari itu, memasang humidifier di ruanganmu dapat menjadi salah satu solusi praktis dalam mencegah ketombe. Terutama jika cuaca menjadi lebih dingin yang akan memperparah kulit kepala dan sering menimbulkan rasa gatal.

4. Dapatkan Udara yang Bersih

Memasang humidifier memang dapat melembapkan udara, tetapi siapa sangka jika udara kotor juga kerap menjadikan kulit kepala lebih berisiko terserang rambut berketombe. Agar rambut terbebas dari masalah ketombe, selalu bersihkan humidifier secara rutin. Selain itu, bagi yang sering beraktivitas di luar ruangan yang lebih penuh dengan debu dan polusi, gunakan pelindung kepala seperti topi.

Baca juga: 5 Cara Mudah Agar Udara di Rumah Lebih Segar dan Sehat (Walau Tak Punya AC)

5. Tenangkan Pikiran dengan Meditasi

Stres merupakan salah satu penyebab ketombe yang kerap disepelekan. Terutama bagi yang memiliki rutinitas harian sangat padat. Agar rambut tetap sehat dan bersih, tidak ada salahnya untuk mulai meluangkan sedikit waktu. Bermeditasi secara rutin, dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih relaks. Kondisi tersebut akan menjauhkanmu dari risiko stres berlebihan.

6. Mulailah Memiliki Hobi

Memiliki waktu luang yang lumayan banyak? Manfaatkan saja untuk mengerjakan hobi yang beberapa hari ini terbengkalai. Cara tersebut juga bisa menjadi salah satu penecegahan ketombe yang menyenangkan. Hal tersebut dikarenakan saat melakukan hobi, pikiran akan menjadi lebih tenang dan mengurangi risiko stres yang mampu memicu rambut berketombe.

7. Olahraga Secara Rutin

Kurang bergerak juga dapat menyebabkan banyak masalah pada kesehatan. Salah satunya adalah rambut berketombe. Berolahraga secara rutin dapat melancarkan peredaran darah. Oksigen yang dibawa oleh darah akan menutrisi sel kulit kepala. Sehingga kulit kepala akan menjadi lebih lembap dan terhindar dari masalah rambut berketombe.

8. Menyantap Makanan Bergizi

Ketombe juga kerap disebabkan karena kurangnya nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Misalnya saja protein, zinc dan iron yang berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Maka dari itu, selalu sisipkan sejumlah makanan dengan kandungan tersebut. Misalnya saja dairy products, sayuran hijau hingga ikan laut. Memenuhi gizi harian dapat mencegah rambut berketombe.

Baca juga: Rambut Sehat Alami Dengan Konsumsi Makanan Ini

9. Perbanyak Air Putih

Penyebab ketombe salah satunya adalah kulit yang kering. Kondisi tersebut bisa jadi disebabkan kurangnya cairan yang ada dalam tubuh. Tidak ada salahnya jika mulai dari sekarang lebih memperhatikan jumlah cairan yang masuk dalam tubuh. Misalnya saja mengonsumsi air putih minimal delapan gelas sehari. Cara tersebut akan membuat sel tubuh terhidrasi dan menghindarkan dari sejumlah masalah, seperti rambut berketombe.

10. Sisipkan Buah Segar

Jenis makanan yang satu ini dikenal memiliki beragam vitamin. Tidak heran untuk menjaga tubuh tetap sehat, menambahkan buah pada menu makanan adalah hal wajib. Senyawa vitamin sendiri dapat menutrisi sel kulit kepala. Sehingga kulit akan menjadi lebih sehat dan lembap. Kondisi tersebut akan mencegah rambut berketombe.

Mencegah rambut berketombe ternyata tidak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan shampo khusus ketombe. Bisa juga mengimbanginya dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti di atas. Mulai dari mengurangi tingkat stres hingga mengatur asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Agar hasilnya lebih optimal, jangan malas untuk melakukannya secara teratur.

(vem/kki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading