Sukses

Beauty

4 Manfaat Luar Biasa Temulawak Selain Sebagai Penambah Nafsu Makan

Temulawak merupakan salah satu rempah yang bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia dan sangat bermanfaat untuk kesehatan. Temulawak atau yang memiliki nama latin Curcuma Xanthorhiza Roxb adalah rempah yang memiliki segudang nutrisi baik untuk kesehatan tubuh.

Biasanya, temulawak digunakan sebagai jamu untuk anak-anak agar memiliki nafsu makan yang baik. Temulawak merupakan salah satu rempah yang memiliki warna kuning, aromanya cukup harum dan rasanya sedikit pahit pedas. Selain sebagai penambah nafsu makan, rempah satu ini memiliki beragam manfaat luar biasa untuk kesehatan. Dan beberapa manfaat tersebut adalah:

    Mengobati Kanker

    Dalam sebuah jurnal ilmiah berjudul The Prostate, temulawak dikatakan sebagai rempah yang efektif mengobati penyakit kanker. Kanker yang bisa diobati dengan memanfaatkan temulawak antara lain adalah kanker payudara, kanker usus dan prostat. Beberapa study yang dilakukan di The University of Maryland Medical Center menyebutkan bahwa kandungan nutrisi temulawak bisa membunuh pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

    Mengatasi Gangguan Pencernaan

    Beberapa masalah atau gangguan pencernaan seperti perut kembung, diare, dyspepsia dan indisgestion bisa diatasi dengan mengkonsumsi temulawak secara teratur. Pada tahun 2006, Clinical Gastroenterology and Hepatology mengatakan bahwa beberapa pasiennya yang mengalami masalah pencernaan kondisi semakin membaik sejak ia mengkonsumsi jamu temulawak secara teratur.

    Mengobati Sakit Kepala Dan Masuk Angin

    Kandungan nutrisi yang ada dalam rempah temulawak dipercaya sangat baik untuk mengobati sakit kepala maupun masuk angin. Minum 2 sampai 3 gelas jamu temulawak saat sakit kepala, dipercaya hal ini bisa meredakan sakit kepala dan tubuh pun kembali sehat serta bugar.

    Meredakan Sakit Perut Saat Menstruasi

    Tidak jarang, seorang wanita akan mengalami nyeri perut ketika menstruasi. Agar rasa sakit itu bisa reda, disarankan agar minum jamu temulawak. Nutrisi yang ada di dalam temulawak bersifat dingin sehingga bisa meredakan nyeri akibat menstruasi.


Itulah beberapa manfaat luar biasa temulawak untuk kesehatan. Selain manfaat di atas, temulawak dikatakan sebagai salah satu rempah yang sangat baik untuk mengobati sakit maag, mengobati asma, mengobati sakit ginjal dan sakit pinggang. Semoga informasi ini bermanfaat dan pastikan memiliki tubuh sehat dengan memanfaatkan rempah asli Indonesia, temulawak.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading